analisis faktor yang mempengaruhi keputusan tenaga kerja wanita (TKW) bekerja ke luar negeri. studi kasus di kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap.

RIZKA PRASELLY, AMALIA (2022) analisis faktor yang mempengaruhi keputusan tenaga kerja wanita (TKW) bekerja ke luar negeri. studi kasus di kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Syaifudin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rizka Praselly Amalia_Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Tenaga Kerja Wanita Bekerja ke Luar Negeri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Terbukanya kesempatan bekerja untuk tenaga kerja wanita dipengaruhi oleh pembangunan yang pesat dan transformasi struktural yang terjadi di negara-negara tujuan. Rendahnya tingkat upah, sulitnya memperoleh pekerjaan yang memadai di negara asal, dan minimnya ketrampilan yang dimiliki menjadi alasan kuat tenaga kerja wanita melalukan migrasi internasional. Kabupaten Cilacap menjadi Kabupaten yang mengirim tenaga kerja terbanyak ke luar negeri se Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi keputusan Tenaga Kerja Wanita (TKW) bekerja ke luar negeri khususnya di Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap yang menjadi pemasok tenaga kerja wanita paling besar di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan data primer sebanyak 65 tenaga kerja wanita Kecamatan Adipala sebagai responden, estimasi keputusan migrasi dianalisis menggunakan Binary Logistic Regretion. Hasil analisis menunjukan faktor yang mempengaruhi keputusan tenaga kerja wanita bekerja ke luar negeri di Kecamatan Adipala, dari lima variabel yang diteliti, terdapat tiga variabel yang signifikan berpengaruh terhadap keputusan bermigrasi, variabel tersebut adalah status pernikahan (nilai sig. 0,001), jumlah tanggungan keluarga (0,011), tingkat pendapatan didaerah asal (0,000). Kata kunci: migrasi, tenaga kerja wanita, Binary Logistic Regression.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: migrasi, tenaga kerja wanita, Binary Logistic Regression.
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizka Praselly Amalia sdri
Date Deposited: 22 Oct 2022 01:54
Last Modified: 22 Oct 2022 01:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16835

Actions (login required)

View Item View Item