IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NOFI SETIANI, NIM. 092331074 (2014) IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NOFI SETIANI_IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara pendahuluan yang dilakukan pada tanggal 16 september 2013 di SMP Negeri 1 Patikraja diperoleh informasi bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Patikraja sudah melakukan model pembelajaran Contextual Taeching and Learning (CTL) dan sudah berjalan cukup baik, siswa mengikuti dan memperhatikan guru dalam pembelajaran, rata-rata untuk nilai Ujian Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patikraja lulus dengan nilai yang memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode Interview, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang atau nara sumber dan dari perilaku yang sedang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggaambarkan tentang keadaan yang sebenarnya dengan cara berfikir induktif. Hasil analisis menunjukkan bahwa Implementasi Model Contextual Teaching and Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa kelas VII SMP Negeri 1 Patikraja kecamatan Patikraja Kabupataen Banyumas tahun 2013/2014 kegiatan pembelajaranya perencanaan,proses dan evaluasi. Dalam hal perencanaan guru Pendidikan Agama Islam telah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yakni merumuskan tujuan pembelajaran, materi, metode, langkah-langkah pembelajaran, media dan sumber belajar serta merencanakan evaluasinya. Pada proses pembelajaran guru menggunakan metode yang bervariasi, dan guru jug adapt menggunakan media LCD dengan baik dan hasilnya peserta didik lebih menyukainya dan lebih paham tentang materi yang diajarkan. Evaluasi hasil belajar dilakukan dengan ulangan harian, praktek, ulangan tengah semester, ulangan semester.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 24 Nov 2016 04:00
Last Modified: 24 Nov 2016 04:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1679

Actions (login required)

View Item View Item