STRATEGI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB DI MTs NEGERI BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014

IKA MUDRIKATUL AULA, NIM. 102332032 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB DI MTs NEGERI BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
IKA MUDRIKATUL AULA_STRATEGI PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA ARAB DI MTs NEGERI BANTARKAWUNG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (830kB) | Preview

Abstract

Para ahli sepakat bahwa keterampilan berbahasa Arab terbaagi menjadi empat keterampilan yaitu keterampilan menyimak, berbicara, menulis dan membaca. Guna tercapainya tujuan pembelajaran berbahasa Arab, guru harus memperhatikan komponen-komponen pembelajaran. Strategi pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran. MTs Negeri Bantarkawung mengupayakan tercapainya tujuan pembelajaran keterampilan berbahasa Arab salah satunya dengan penggunaan strategi pembelajaran yang tepat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaiman strategi pembelajaran keterampilan berbahasa Arab kelas VII di MTs Negeri Bantarkawung tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui bagaimana penerapan strategi pembelajaran keterampilan berbahasa Arab kelas VII di MTs Negeri Bantarkawung Brebes. Skripsi ini membahas tentang penerapan strategi pembelajaran keterampian berbahasa Arab di MTs Negeri Bantarkawun Brebes. strategi yang diterapkan.Jenispenelitianini adalah penelitianlapangan (field research) yang bersifat deskriftif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain : metode wawancara, obeservasi, dokumentasi. Sedangkan menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dngan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah guru dalam menggunakan strategi pembelajaran dengan mempertimbangkan materi yang diajarkan, aspek peserta didik, sarana dan prasarana yang terdapat di MTs Negeri Bantarkawung. Dalam pembelajaran keterampilan menyimak, membaca, menulis guru memiliki peranan yang cukup penting. Guru menyajikan materi yang diajarkan dengan berbicara verbal, guru membut korelasi materi dengan kehidupan, guru memberikan kesimpulan terhadap materi yang diajarkan, guru mengevaluasi. Strategi seperti ini disebut dengan strategi ekspositori. Dalam keterampilan berbicara, guru menyajikan materi, mebuat pembelajaran dalam kelompok, evaluasi terhadap pembelajaran. Strategi seperti ini disebut strategi kooperatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi,pembelajaran,dan Keterampilan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 24 Nov 2016 02:49
Last Modified: 24 Nov 2016 02:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item View Item