PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINATBELAJAR SISWA KELAS 1 DI SDN 2 KARANGJENGKOL KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA

Fitriani, Fitriani (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINATBELAJAR SISWA KELAS 1 DI SDN 2 KARANGJENGKOL KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FITRIANI SKRIPSII.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kelas 1 merupakan kelas rendah yang paling membutuhkan peran dari orangtua. Orangtua kelas 1 di SD Negeri 2 Karangjengkol memiliki kesibukan dalam bekerja. Tetapi dalam kesibukannya, anak menjadi prioritas utama dalam Pendidikan yaitu memberikan dorongan untuk meningkatkan minat belajar pada anak. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai bagaimana peran orangtua dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 1 di SDN 2 Karangjengkol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dimana peneliti datang langsung ke tempat penelitian yaitu rumah orangtua kelas 1 SDN 2 Karangjengkol, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Orangtua, Siswa dan Guru kelas 1 SDN 2 Karangjengkol. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran yang dilakukan orangtua dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 1 yaitu peran orangtua sebagai pendidik,sebagai pembimbing,menciptakan rasa cinta dan kasih sayang terhadap anak,memberikan kepercayaan yang baik antara orangtua dan anak,memberikan segala kebutuhan anak untuk memenuhi nutrisi dan gizi serta saling menghargai dan menyayangi diantara seluruh anggota keluarga. Berdasarkan analisis data,ada beberapa orangtua yang menjalankan perannya dengan baik sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa tetapi ada beberapa yang kurang dalam menjalankan perannya karena keterbatasan orangtua yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Belajar, Minat,Orang Tua, SDN 2 Karangjengkol
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FITRIANI FITRIANI sdri
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:43
Last Modified: 14 Oct 2022 02:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16735

Actions (login required)

View Item View Item