Peran Haji Mohammad Syoedja' Bagi Perkembangan Penolong Kesengsaraan Oemoem (PKO) Muhammadiyah di Yogyakarta (1920-1931)

Atsna Ikmalia, Pasa (2022) Peran Haji Mohammad Syoedja' Bagi Perkembangan Penolong Kesengsaraan Oemoem (PKO) Muhammadiyah di Yogyakarta (1920-1931). Skripsi thesis, UIN Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ATSNA IKMALIA PASA_PERAN HAJI MOHAMMAD SYOEDJA' BAGI PERKEMBANGAN PKO MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA (1920-1931).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biografi Haji Mohammad Syoedja’ dan peranannya bagi perkembangan PKO Muhammadiyah di Yogyakarta tahun 1920-1931. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang berfokus pada kajian pustaka. Adapun sumber yang digunakan dalam penelitian ini meliputi buku, jurnal, arsip surat kabar, dan arsip dokumen yang dianalisa menggunakan metode deskriptif analisis. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis dan sosiologis. Penelitian ini menggunakan teori peran (Soejono Soekanto) dan teori gerakan sosial (Sidney Tarrow). Hasil dari penelitian ini adalah; Pertama, Haji Mohammad Syoedja’ adalah putra dari Haji Hasyim, seorang lurang keraton Yogyakarta, yang lahir pada tanggal 2 Agustus 1882. Sejak kecil, Haji Mohammad Syoedja’ sudah dekat dengan K.H. Ahmad Dahlan sebagai muridnya. Haji Mohammad Syoedja’ menjadi pendiri sekaligus ketua pertama bagian PKO Muhammadiyah. Kedua, Haji Mohammad Syoedja’ selama menjadi ketua bagian PKO Muhammadiyah memiliki beberapa peran penting diantaranya; mempelopori pendirian PKO Muhammadiyah pada 1918, mendirikan berbagai pelayanan sosial seperti rumah sakit, rumah miskin, dan rumah yatim, menyumbangkan pikiran tenaga dan materi yang ia miliki untuk kepentingan bagian PKO, menjalin relasi dan memperluas jaringan serta memperkenalkan PKO Muhammadiyah kepada khalayak umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Peran, Haji Mohammad Syoedja’, PKO Muhammadiyah
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Atsna Ikmalia Pasa sdr
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:48
Last Modified: 14 Oct 2022 02:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16703

Actions (login required)

View Item View Item