PEMANFAATAN ASET WAKAF SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN PERSPEKTIF MAQASID SYARIAH (STUDI KASUS DI MADRASAH AL-ITIHAD 2 PASIR LOR)

Estri, Nur Haliza (2022) PEMANFAATAN ASET WAKAF SEBAGAI LEMBAGA PENDIDIKAN PERSPEKTIF MAQASID SYARIAH (STUDI KASUS DI MADRASAH AL-ITIHAD 2 PASIR LOR). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ESTRI NUR HALIZA_PEMANFAATAN ASET WAKAF SEBAGAI LEMBAGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wakaf adalah sejenis pemberian yang pelaksanaanya dilakukan dengan jalan menahan kepemilikan asal dengan menahan barang yang diwakafkan agar tidak diwariskan, dijual, disewakan, dan sejenisnya lalu menjadikan manfaatnya berlaku umum. Wakaf ditujukan untuk melembagakan manfaat benda wakaf untuk selama-lamanya guna kepentingan umat Islam itu sangat relevan dengan maqāsid syarīah dalam nilai ḥifẓ dīn, ḥifẓ áql, ḥifẓ mâl. Salah satu praktek wakaf dilaksanakan di Madrasah Al-Ittihad 2 Pasir Lor. Dalam pelaksanaan pemanfaatan aset wakafnya masih sebatas untuk tempat pendidikan dan tempat kegiatan keagamaan saja. Hal ini dinilai belum mampu dikatakam maksimal untuk kesejahterkan umat. Oleh karena itu penelitian ini akan meneliti lebih lanjut mengenai bagaimana pemanfaatan aset wakaf sebagai lembaga pendidikan di Madrasah Al-Ittihad 2 Pasir Lor, dan bagaimana pemanfaatan aset wakaf sebagai lembaga pendidikan perspektif maqāsid syarīah. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan empiris-normatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian metode analisis data dilakukan dengan redaksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data. Dari hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan aset wakaf sebagai Madrasah digunakan sebagai tempat pembelajaran dan tempat kegiatan keagamaan saja. Jika dilihat dari maqāsid syarīah, pemanfaatan aset wakaf di Madrasah al-Ittihad 2 Pasir Lor untuk membantu mewujudkan kesejahteraan umat masuk ke dalam konsep Darûriyyât dan dalam nilai ḥifẓ dīn, ḥifẓ áql, ḥifẓ mâl. Dan ditinjau dari Maqāsid Syarīah perspektif Jasser Auda, khususnya pada sifat keterbukaaan (oppenness), dan keterkaitan (interelated hierarchy), pemanfaatan aset wakaf di Madrasah al-Ittihad 2 Pasir Lor belum dapat dikatakan sebagai pemanfaatan yang maksimal, karena menurut Jasser Auda pemanfaatan aset wakaf yang maksimal harus lebih terbuka dan berkaitan agar kemaslahatannya bisa selalu terjaga, dengan cara perlu dilakukan pembaharuan, inovasi, dan kreasi agar maslahatnya terus mangalir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Madrasah al-Ittihad 2 Pasir Lor, Pemanfaatn Aset Wakaf Sebagai Lembaga Pendidikan, Perspektif Maqasid Syariah.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Estri Nur Haliza sdri
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:02
Last Modified: 14 Oct 2022 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16685

Actions (login required)

View Item View Item