PENDIDIKAN TRANSFORMATIF DALAM FILM 3 IDIOTS DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Dian Isti’anah, 102331197 (2013) PENDIDIKAN TRANSFORMATIF DALAM FILM 3 IDIOTS DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
SUNIYEM_PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SDIT MUTIARA HATI PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (349kB) | Preview

Abstract

Pendidikan transformatif adalah proses pengembangan individu menuju berfikir yang lebih bebas, kritis dan kreatif, meniadakan bentuk penyeragaman dan sanksisanksi, dibiarkan terus tumbuh, berkembang secara wajar dan manusiawi. Dalam pendidikan Islam sendiri dijelaskan dengan konsep yang serupa dengan pendidikan transformatif yang tercantum dalam Al-Qur’an maupun As-Sunnah, antara lain tentang liberalisasi (kebebasan), menumbuhkan pribadi kritis, dan humanisasi (memanusiakan manusia). Salah satu film yang memuat nilai-nilai pendidikan transformatif adalah film 3 Idiots. Film yang diproduksi oleh Vidhu Vinud Chopra dengan tokoh utama Rancho (Aamir Khan), Farhan (R. Madhavan), dan Raju (Sharman Joshi) mengangkat tema tentang fenomena semrawutnya sistem pendidikan, diantaranya tentang terenggutnya kebebasan mahasiswa, tidak humanis, mahasiswa harus menurut kepada sistem yang saklek dan tidak ada toleransi sedikitpun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran dan makna yang jelas tentang pendidikan transformatif dalam perspektif pendidikan Islam yang terkandung dalam film 3 Idiots. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library Research) yaitu menjadikan bahan pustaka berupa buku, majalah ilmiah, dokumen-dokumen lainnya sebagai rujukan dalam penelitian ini. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder berupa film 3 Idiots dan bukubuku, artikel, atau data-data dari internet yang menjelaskan tentang pendidikan transformatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan menggunakan content analysis. Metode tersebut digunakan untuk menyajikan fakta dengan cara mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan transformatif dalam perspektif pendidikan Islam yang terkandung dalam film 3 Idiots. Dari analisis tersebut menghasilkan gambaran dan makna yang jelas tentang pendidikan transformatif dalam perspektif pendidikan Islam yang terkandung dalam film 3 Idiots, yaitu: 1) Tumbuhnya kesadaran kritis peserta didik; 2) Pendidikan untuk pembebasan (Liberalisasi); 3) Orientasi pada nilai-nilai humanis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Transformatif, Film 3 Idiots, Pendidikan Transformatif Dalam Perspektif Pendidikan Islam.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.38 Pendidikan Tinggi > 2x7.388 Mahasiswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Nov 2016 07:44
Last Modified: 23 Nov 2016 07:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1668

Actions (login required)

View Item View Item