MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MA’ARIF NU 01 DARMAKRADENAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

AGUSTIN ERNAWATI, NIM. 092331160 (2014) MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MA’ARIF NU 01 DARMAKRADENAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AGUSTIN ERNAWATI_MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI MA’ARIF NU 01 DARMAKRADENAN KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (766kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas karakteristik mata pelajaran Fiqih yang merupakan materi yang prosedural, yaitu materi yang menuntut seseorang melakukan sesuatu secara urut dan tertib sehingga menjadikan sah dan sempurnanya amalan, maka dengan meninjau prinsip model pembelajaran kuantum yang menerapkan prinsip TANDUR yang dapat menjadikan pembelajaran Fiqih lebih efektif, bermakna dan menyenangkan, sehingga model pembelajaran kuantum dirasa cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran Fiqih. Untuk itu, penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut terkait penerapan model pembelajaran kuantum pada mata pelajaran Fiqih, dengan judul penelitian: “Model Pembelajaran Kuantum Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MI Ma’arif NU 01 Darmakradenan Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013/2014”. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan jenis penelitiannya kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Fiqih, siswa dan kepala MI Ma’arif NU 01 Darmakradenan. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kuantum pada mata pelajaran Fiqih. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik ini digunakan sebagai acuan untuk penulisan hasil penelitian untuk mempermudah dalam memahami deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat memberikan pemahaman yang semestinya. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kuantum pada mata pelajaran fiqih di MI Ma’arif NU 01 Darmakradenan, khususnya di kelas V sudah berjalan cukup baik. Pembelajaran kuantum pada pelajaran Fiqih yang diterapkan guru, yaitu dengan: (1) Menata niat; (2) Membuat perencanaan pembelajaran, antara lain: membuat silabus, RPP, peta pikiran dan alat peraga; (3) Melakukan pengkondisian kelas; (4) memberi keteladanan kepada siswa, karena keteladanan adalah hal penting yang dianjurkan dalam pembelajaran kuantum; (5) menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan mengkombinasikannya dengan baik sesuai dengan materi yang diajarkan; (6) Menggunakan media pembelajaran; dan (7) Memberikan apresiasi dalam setiap keberhasilan yang dicapai siswa. Dalam pembelajaran kuantum, guru harus mampu menciptakan kondisi kelas yang menyenangkan, menantang, dan konstekstual. Adapun metode pembelajaran yang biasa digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran fiqih melalui pembelajaran kuantum adalah metode ceramah, tanya jawab, mind mapping, pencocokan kartu, demonstrasi dan praktek, diskusi kelompok, dan simulasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kuantum, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 23 Nov 2016 03:24
Last Modified: 23 Nov 2016 03:24
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1664

Actions (login required)

View Item View Item