Implementasi Program Kantin Kejujuran Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Di TK ABA Assalam Sangangjaya Desa Manggis Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes

Lia Nur, Purwati (2022) Implementasi Program Kantin Kejujuran Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Di TK ABA Assalam Sangangjaya Desa Manggis Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. Skripsi thesis, UIN PROF.K.H SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Lia Nur Purwati- Implementasi Program Kantin Kejujuran Dalam Pembentukan Karakter Anak Di TK ABA Assalam Sanganjaya Desa Manggis Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Pembentukan karakter sangat tepat jika di terapkan sejak anak usia dini melalui penyelenggaraan pendidikan yang berfokus pada karakter anak. Pembentukan karakter pada anak dapat dilaksanakan melalui berbagai kegiatan atau program, tetapi tidak semua lembaga pendidikan menyelenggarakan berbagai program pembentukan karakter anak. Penelitian ini dilakukan di TK ABA Assalam Sanganjaya Desa Manggis Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui secara jelas tentang bagaimana pembentukan karakter pada anak melalui implementasi program kantin kejujuran. Jenis penelitian yang di gunakan adalah bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data analisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa, pembentukan karakter pada anak di TK ABA Assalam Sanganjaya dilakukan dengan penyelenggaraan suatu program yaitu program kantin kejujuran yang merupakan kantin satu-satunya yang diadakan di lembaga TK di Kecamatan Sirampog. Kantin kejujuran di TK ABA Assalam Sanganjaya bertujuan supaya anak-anak tidak jajan sembarangan di lingkungan sekolah dan membentuk karakter pada anak. Kantin Kejujuran di TK ABA Assalam Sanganjaya dilakukan dengan menerapkan 4 kegiatan sistem manajemen dalam pengelolaan program kantin kejujuran yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, dan pengawasan. Empat sistem manajemen tersebut yang membuat pelaksanaan program kantin kejujuran di TK ABA Assalam berjalan dengan baik, serta dilakukan secara konsisten dari waktu ke waktu dengan kerjasama yang baik antara Kepala Sekolah dengan para dewan guru untuk mengelola secara bersama-sama program kantin kejujuran tersebut. Program kantin kejujuran di TK ABA Assalam Sanganjaya berhasil membentuk berbagai macam karakter anak yaitu karakter jujur, mandiri, patuh atau taat terhadap peraturan, disiplin, bertanggung jawab, dan cinta kebersihan. Pembentukan karakter pada anak tersebut terbentuk karena kegiatan pembiasaan yang dilakukan secara berulang- ulang dan terus-menerus dalam kegiatan program kantin kejujuran. Kata Kunci : Karakter, Anak, dan Program Kantin Kejujuran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KARAKTER, ANAK, DAN PROGRAM KANTIN KEJUJURAN
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Lia Nur Purwati sdri
Date Deposited: 13 Oct 2022 06:38
Last Modified: 14 Oct 2022 03:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16603

Actions (login required)

View Item View Item