KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS RENDAH MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH WIRASANA PURBALINGGA

Puput, Ikhtiar (2022) KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS RENDAH MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH WIRASANA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
PUPUT IKHTIAR_KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS RENDAH MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH WIRASANA PURBALINGGA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan guru mengelola kelas mempunyai peran penting dalam kegiatan pembelajaran di kelas. hal itu karena akan berpengaruh untuk kelancaran selama proses pembelajaran. Seperti halnya guru krlas rendah di MI Muhammadiyah Wirasana Kabupaten Purbalingga, pengelolaan kelas saat pembelajaran tematik dilaksanakan dengan lancar dan menyenangkan. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti keterampilaan pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru pada saat pembelajaran tematik di MI Muhammadiyah Wirasana Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan keterampilan guru kelas rendah dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik kelas rendah di MI Muhammadiyah Wirasana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian yaitu kepala sekolah dan guru/wali kelas. pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data peneliti menggunakan pola induktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran tematik di kelas rendah Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Wirasana Purbalingga dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan keterampilan yang bersifat represif dan preventif. Untuk keterampilan pengelolaan kelas yang pertama yaitu menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal seorang guru menunjukkan sikap tanggap, membagi dan memberikan perhatian secara menyeluruh baik itu perhatian verbal maupun visual. Keterampilan pengelolaan kelas yang kedua yaitu pengembangan dan pengendalian kondisi belajar yang optimal, guru telah melakukan modifikasi tingkah laku peserta didik dan memanfatkan metode pemecahan masalah kelompok untuk mengendalikan kondisi belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru, Pengelolaan Kelas, Pembelajaran Tematik.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Puput Ikhtiar sdri
Date Deposited: 13 Oct 2022 06:31
Last Modified: 13 Oct 2022 06:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16599

Actions (login required)

View Item View Item