BIMBINGAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH DI TEMPAT PENITIPAN ANAK ISLAM TERPADU BUAH HATI PEMALANG

Citra, Aulya Rachma (2022) BIMBINGAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DHUHA BERJAMAAH DI TEMPAT PENITIPAN ANAK ISLAM TERPADU BUAH HATI PEMALANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Citra Aulya Rachma_Bimbingan Karakter Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah Di Tempat Penitipan Anak Islam Terpadu Buah Hati Pemalang.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Anak usia dini disebut juga sebagai masa keemasan atau golden age, dimana pada masa ini anak sangat mudah menyerap dan mengikuti apa yang dilihat dan apa yang di dengar. Namun anak belum dapat menyaring mana yang baik dan mana yang benar untuk dilakukan, maka dari itu sebuah bimbingan sangat diperlukan bagai anak usia dini. Salah satunya yaitu bimbingan keagamaan yang dapat membantu menumbuhkan nilai-nilai karakter yang baik. Dalam bimbingan keagamaaan di Tempat Penitipan Anak Islam Terpadu (TPAIT) Buah Hati Pemalang, guru membimbing anak usia dini dalam menanamkan Ibadah Shalat sejak dini. TPAIT Buah Hati Pemalang menerapkan Pembiasaan Shalat Dhuha berjamaah yang dilakukan setiap hari, karena TPAIT Buah Hati Pemalang memiliki sasaran sebelum anak masuk SD/Mi atau setara lainya sudah dapat melakukan dan hafal bacaan shalat dan Shalat Dhuha Berjamaah memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan karakter yang baik pada diri anak seperti sabar, disiplin, kepedulian antar sesama, sopan dan santun serta kebersihan. Maka dari itu diperlukan adanya penelitian mengenai bimbingan karakter anak usia dini melalui pembiasaan Shalat Dhuha berjamaah di Tempat Penitipan Anak Islam Terpadu (TPAIT) Buah Hati Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses bimbingan pada Pembiasaan Shalat Dhuha Berjamaah dan faktor pendukung serta penghambatnya. Untuk menggali data peneliti mengggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripsi, dimana penelitian ini diawali dengan proses atau peristiwa penjelas yang pada akhirnya akan di tarik suatu kesimpulan. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentsi. Analisis data kulaitatif dengan model data yang dikembangkan olehmilles dan huberman, mencangkup reduksi data, menyajian data dan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa Bimbingan Karakter melalui pembiasaan Shalat Dhuha berjamaah di Tempat Penitipan Anak Islam Terpadu Buah Hati Pemalang, dalam pelaksanaanya anak-anak diarahkan ibadah oleh guru dengan sabar dan telaten Shalat Dhuha dengan cara bernyanyi kemudian praktek langsung setiap hari jam 08.00. dengan bimbingan tersebut anak usia dini memiliki banyak perubahan, dan anak memiliki kesabaran, disiplin, kepedulian antar sesama, sopan dan santun, dan menjaga kebersihan. Untuk faktor penghambat kegiatan pembiasaan Shalat Dhuha ini adalah suasana hati anak yang buruk dan memakan waktu yang lama ketika wudhu. Kata Kunci : Bimbingan, karakter, pembiasaan, Shalat Dhuha berjamaah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bimbingan, karakter, pembiasaan, Shalat Dhuha berjamaah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Citra Aulya Rachma sdri
Date Deposited: 13 Oct 2022 04:01
Last Modified: 13 Oct 2022 04:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16579

Actions (login required)

View Item View Item