PENTINGNYA PEMBERIAN ASI DALAM AL-QUR'AN SURAT AL-BAQOROH AYAT 233 ( STUDI PENAFSIRAN HAMKA DAN QURAISY SHIHAB)

Muntofingah, Muntofingah (2022) PENTINGNYA PEMBERIAN ASI DALAM AL-QUR'AN SURAT AL-BAQOROH AYAT 233 ( STUDI PENAFSIRAN HAMKA DAN QURAISY SHIHAB). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUNTOFINGAH_1522501022_PENTINGNYA PEMBERIAN ASI DALAM AL – QURA’N SURAT AL – BAQOROH AYAT 233 (STUDI PENAFSIRAN HAMKA DAN QURAISY SHIHAB ).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an dalam kehidupan dan kebutuhan manusia yaitu mengenai anjuran menyusui yang mana dalam Al-Qur’an menjelaskan begitu pentingnya memberikan ASI sebagai kelangsungan hidup bayi yang memiliki kandungan tak tertandingi dengan teknologi manusia, hal ini tidak baik bagi manusia untuk mengabaikan, sedangkang Al-Qur’an telah memberinya penjelasan sebagaimana dari membahas anjuran menyusui, kehukumannya, waktu yang diianjurkan, dan lainnya yang berkaitan dengan ASI. tapi banyak ibu yang kurang memanfaatkan ASI-nya, bahkan menggantinya dengan susu fomula. Berangkat dari permasalahan tersebut penulis mengkajinya dengan cara deskriptif, bagaimana pentingnya pemberian Asi bagi bayi dalam Al-Qur’an surat Al-Baqoroh ayat 233 pada penafsiran Quraisy Shihab dalam Tafsirnya Al-Misbah dan Hamka dalam Tafsirnya Al-Azhar, selaku mufasir Indonesia. Dalam penulisan ini penulis mengunakan dua rumusan masalah yaitu;Bagaimana penafsiran Quraisy Shihab dan Hamka tentang seberapa pentingnya tuntunan dalam Al-Qur’an QS.Al-Baqoroh ayat 233 serta bagaimana pentingnya ASI dalam penafsiran Quraisy Shihab dan Hamka dalam konteks sekarang. Penelitian ini bersifat kepustakaan ( library risert ) dengan teknik analisis deskriptif serta menggunakan teori Maudhu’i penulis mencoba mengumpulkan data dariberbagai sumber baik berupa buku, jurnal atau kitab tafsir. Dalam penulisan sekripsi ini Hendaknya para ibu menyusukan bayinya dengan air susu ibu sendiri, karena lebih bermanfaat dibanding dengan memberikan penyusuan kepada perempuan laina apalagi dengan susu formula. Kata kunci. Quraisy Shihab, Hamka, ASI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quraishy Shihab, Hamka, ASI
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.11 Asbabun Nuzul
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Ilmu Al Quran dan Tafsir
Depositing User: Muntofinga Muntofingah sdri
Date Deposited: 13 Oct 2022 04:05
Last Modified: 13 Oct 2022 04:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16570

Actions (login required)

View Item View Item