PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE, FAKTOR EKSTERNAL DAN FAKTOR INTERNAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA (STUDI KASUS : MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO YANG SUDAH MELAKSANAKAN PRAKTIK BISNIS MAHASISWA ANGKATAN 2017-2019)

Chindy, Fauliah Arifin (2022) PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE, FAKTOR EKSTERNAL DAN FAKTOR INTERNAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA (STUDI KASUS : MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO YANG SUDAH MELAKSANAKAN PRAKTIK BISNIS MAHASISWA ANGKATAN 2017-2019). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
CHINDY FAULIAH ARIFIN_PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE, FAKTOR EKSTERNAL DAN FAKTOR INTERNAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kewirausahaan merupakan sikap mental dan jiwa yang aktif atau kreatif memberdayakan, menciptakan dan berkaya untuk meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usahanya. E-Commerce adalah proses transaksi jual beli yang menggunakan alat elektronik seperti telepon dan internet. Faktor eksternal merupakan faktor yang bersumber dari luar diri seseorang ataupun perusahaan untuk menciptakan dan menemukan sesuatu. Faktor internal berasal dari dalam diri seseorang, sebagai contoh adalah faktor jasmaniah dan psikologis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-commerce, faktor eksternal dan faktor internal terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang sudah melaksanakan Praktik Bisnis Mahasiswa angkatan 2017-2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel penggunaan e-commerce secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang sudah melaksanakan Praktik Bisnis Mahasiswa angkatan 2017-2019, sedangakan faktor eksternal dan faktor internal secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang sudah melaksanakan Praktik Bisnis Mahasiswa angkatan 2017-2019. Kemudian secara simultan penggunaan e-commerce, faktor eksternal dan faktor internal berpengaruh terhadap minat minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang sudah melaksanakan Praktik Bisnis Mahasiswa angkatan 2017-2019. Kata kunci : Kewirausahaan, e-commerce, faktor eksternal, faktor internal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan, e-commerce, faktor eksternal, faktor internal.
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.3 Economic Institutions
300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Chindy Fauliah Arifin sdri
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:05
Last Modified: 13 Oct 2022 02:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16567

Actions (login required)

View Item View Item