METODE PEMBELAJARAN DAN MATA PELAJARAN RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS 2 TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN HAJAR ASWAD KEDAUNG HIJAU PAMULANG TANGGERANG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

AHMAD ZAMZAMI, NIM. 092331030 (2013) METODE PEMBELAJARAN DAN MATA PELAJARAN RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS 2 TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN HAJAR ASWAD KEDAUNG HIJAU PAMULANG TANGGERANG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AHMAD ZAMZAMI_METODE PEMBELAJARAN DAN MATA PELAJARAN RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS 2 TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN HAJAR ASWAD KEDAUNG HIJAU PAMULANG TANGGERANG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2013-2014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (864kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pendidikan Islam, metode mempunyai kedudukan yang urgen dalam menyampaikan materi pelajaran yang telah tersusun dalam kurikulum. Tanpa adanya suatu metode, maka suatu pelajaran tidak dapat berjalan secara efektif dan efisien dalam kegiatan belajar mengajar, untuk itu seorang pendidik dituntut sedemikian rupa agar cermat dalam memilih dan menerapkan metode apa yang tepat untuk digunakan dalam menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didik. Realitas yang terjadi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama ini baik yang formal maupun yang nonformal, proses pembelajaran masih didominasi oleh aspek kognitif saja tanpa memperhatikan pertumbuhan kesadaran nilai-nilai (agama) dan mengabaikan pembinaan aspek afektif dan aspek psikomotorik, yakni kemauan dan tekad untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran agama. Akibatnya terjadi kesenjangan antara pengetahuan dan pengalaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di TPA Hajar Aswad Kedaung Hijau Pamulang Tangerang Selatan. Objek penelitian ini adalah Metode Pembelajaran dan Mata Pelajaran Rumpun Pendidikan Agama Islam di kelas 2 TPA Hajar Aswad Kedaung Hijau Pamulang Tangerang Selatan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas 2 TPA Hajar Aswad. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknik analisis datanya dilakukan dengan cara reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verifikasi). . Dari hasil penelitian ini, menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran dan mata pelajaran rumpun pendidikan agama islam di kelas 2 taman pendidikan Al-Qur’an Hajar aswad kedaung hijau pamulang tangerang selatan adalah mata pelajaran yang diajarakan di TPA tersebut meliputi: dinul Islam, tahsinul kitabah, surat pendek, doa harian, bacaan sholat, bahasa arab serta dalam penerapan mengajar, guru menggunakan 6 metode yaitu: metode ceramah, metode bernyanyi, metode bercakap-cakap, metode demonstrasi, metode hafalan, metode menggambar dan mewarnai. Metode tersebut di terapkan sesuai materi yang akan diajarkan yaitu: bacaan sholat, doa-doa harian, surat-surat pendek, materi percakapan, materi ketauhidan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Mata Pelajaran, Rumpun Pendidikan Agama Islam, di Kelas 2, Taman Pendidikan al-Quran Hajar Aswad Kedaung Hijau Pamulang Tanggerang Selatan.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 22 Nov 2016 07:22
Last Modified: 22 Nov 2016 07:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1654

Actions (login required)

View Item View Item