IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BP DI SDN 4 TELUK KEC PURWOKERTO SELATAN KAB BMS

Muhamad Machin Nur, 1123301093 (2015) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BP DI SDN 4 TELUK KEC PURWOKERTO SELATAN KAB BMS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
MUHAMAD MACHIN NUR_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN PAI DAN BP DI SDN 4 TELUK KEC PURWOKERTO SELATAN KAB BMS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Saat ini pemerintah sedang menerapkan pendekatan saintifik pada semua mata pembelajaran. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang meliputi 5 langkah proses ilmiah dalam pembelajaran. Masalahnya tidak semua mata pembelajaran bersifat ilmiah seperti pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI dan BP). Hal ini perlu dilakukan penelitian bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada matapelajaran PAI dan BP. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian tersebut di SD N 4 Teluk yang menjadi salah satu piloting project kurikulum 2013 di Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang implementasi pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran PAI dan BP di SD N 4 Teluk. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode trianggulasi yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendekatan saintifik pada pepmbelajaran PAI dan BP berlangsung sebagai berikut. 1) Mengamati, dilakukan dengan melihat gambar tentang sesuatu atau peristiwa dan menyimak. 2) Menanya, guru memberikan bimbingan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan. Jika siswa tidak bertanya maka guru yang akan bertanya. 3) Mengumpulkan informasi, bersumber dari buku pegangan guru dan siswa, LKS, dan kejadian atau fenomena. 4) mengasosiasi, dilakukan dengan menggabungkan informasi dari setiap anggota kelompok menjadi satu. 5) Mengkomunikasikan, dilakukan dengan mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelompok lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik, PAI dan BP
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 21 Nov 2016 05:43
Last Modified: 21 Nov 2016 05:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1642

Actions (login required)

View Item View Item