PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 KEDUNGBANTENG TAHUN AJARAN 2013/2014

Ulfatun Ni’mah, 092331073 (2014) PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF NU 1 KEDUNGBANTENG TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Ulfatun N_PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Karakter identik dengan kepribadian, kepribadian merupakan ciri, karakteristik, atau sifat. Karakter merupakan ciri khas seseorang yang bersumber dari bentukan-bentukan yang diterima oleh lingkungan, misalnya keluarga pada masa kecil dan bawaan sejak lahir. Penulis merumuskan masalah pada skripsi ini dengan “Bagaimana proses pembentukan karakter siswa kelas VII di MTs Ma’arif NU I Kedungbanteng Tahun Pelajaran 2013/2014”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan karakter siswa kelas VII di MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng, untuk menambah khasanah intelektual di perpustakaan STAIN Purwokerto tentang penelitian terhadap pembentukan karakter yang dilaksanakan di sekolah sehingga dapat menunjang upaya pencapaian tujuan pendidikan secara optimal. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dan penelitian ini digolongkan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data menggunakan metode berfikir induktif yaitu pemikiran dari khusus ke umum. Pembentukan karakter yang dilaksanakan di MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng mengacu pada visi madrasah yaitu luhur dalam berbudi maju dalam prestasi. Dan ada 9 nilai yang menjadi prioritas utama dalam pembentukan karakter di MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng yaitu: cinta kepada Allah SWT dan segenap ciptaan-Nya, kemandirian dan tanggung jawab, kejujuran amanahdan bijaksana, hormat dan santun, dermawan, suka menolong dan gotong royong, percaya diri, kreatif dan pekerja keras, kepemimpinan, baik dan rendah hati, toleransi, kedamaian dan persatuan. Peran guru di MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng dalam pendidikan karakter sebagai teladan, inspirator, motivator, dinamisator, dan evaluator telah berjalan dengan baik. Pendidikan karakter di MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng telah berjalan dengan baik, ini terbukti dengan sikap siswa yang selalu patuh tata tertib sekolah, terlaksananya sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah, keaktifan siswa baik dalam pembelajaran maupun ketika di kegiatan ekstrakurikuler. Kata kunci : Pembentukan karakter, Siswa Kelas VII, MTs Ma’arif NU 1 Kedungbanteng

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 23 Nov 2016 00:07
Last Modified: 23 Nov 2016 00:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1640

Actions (login required)

View Item View Item