PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII

Unggul, Pradana (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
UNGGUL PRADANA_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII (1).pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa, karena dengan kemampuan ini siswa dapat memahami konsep dari suatu materi matematika dengan pemahamannya sendiri. Sedangkan dalam pembelajaran di SMP Negeri 1 Ajibarang siswa masih memiliki tingkat kemampuan pemahaman matematis yang rendah, dikarenakan pembelajaran masih menggunakan media pembelajaran konvensional yang menyebabkan siswa menjadi susah dalam memahami. Oleh karena itu, media pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Dengan berkembangnya ilmu dan teknologi, media pembelajaran yang dikembangkan tentunya harus lebih inovatif. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran game edukasi dengan pendekatan kontekstual yang valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VIII pada materi statistika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan kuasi eksperimen. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran game edukasi dinyatakan valid dan layak digunakan dengan hasil presentase pada validasi ahli materi sebesar 80,83%, ahli media sebesar 92,5%, penilaian guru sebesar 95%, penilaian uji kelompok kecil sebesar 97,94%, dan penilaian uji lapangan sebesar 85,47%. Selanjutnya game edukasi yang dikembangkan juga dinyatakan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan hasil skor N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,81 berkategori “Tinggi”, lebih baik dari skor N-Gain kelas kontrol sebesar 0,303 berkategori “Sedang”. Kedua data tersebut di uji menggunakan uji-t dua sampel bebas dengan hasil mendapatkan signifikansi 0,000 dimana hasil tersebut lebih kecil dari batas taraf signifikansi 0,05, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game Edukasi, Kemampuan Pemahaman Matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Unggul Pradana sdr
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:19
Last Modified: 12 Oct 2022 06:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16385

Actions (login required)

View Item View Item