IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS KELAS IV DI SD IT MUHAMMADIYAH RAWALO KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS

Dwi, Indah Lestari (2022) IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS KELAS IV DI SD IT MUHAMMADIYAH RAWALO KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dwi Indah Lestari_IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS KELAS IV DI SD IT MUHAMMADIYAH RAWALO KECAMATAN RAWALO KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Karakter religius merupakan keyakinan yang terdapat di dalam diri setiap individu, yang diaplikasikan dalam bentuk sikap ataupun tindakan dalam melaksanakan kewajiban agama Islam sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Pembentukan karakter religius kepada peserta didik sangat penting di dalam dunia pendidikan sekolah dasar, karena karakter religius menjadi bekal yang paling utama untuk peserta didik agar mereka memiliki akhlak yang mulia sesuai dengan ajaran Agama Islam. Dengan demikian, untuk menunjang kesuksesan pendidikan, SD IT Muhammadiyah Rawalo memberikan wadah pendidikan karakter yang terapkan melalui budaya sekolah agar membentuk karakter religius peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode-metode yang diterapkan dalam pembentukan karakter religius kelas IV di SD IT Muhammadiyah Rawalo dan mendeskripsikan evaluasi dari pelaksanaan budaya sekolah dalam membentuk karakter religius kelas IV di SD IT Muhammadiyah Rawalo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas IV,guru ummi, guru pai, kepala sekolah, dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan 3 tahap yaitu reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang diterapkan dalam pembentukan karakter religius kelas IV di SD IT Muhammadiyah Rawalo yaitu metode pembiasaan, metode keteladanan, metode spontanitas, metode pengkondisian lingkungan sekolah, dan metode reward and punishment. Adapun evaluasi dari pelaksanaan budaya sekolah dalam membentuk karakter religius kelas IV di SD IT Muhammadiyah Rawalo yaitu melalui pengamatan, monitoring, dan pemberian sanksi. Ditemukan juga bahwa faktor pendukung dalam pelaksanaan budaya sekolah dalam membentuk karakter religius kelas IV di SD IT Muhammadiyah Rawalo yaitu pendidik menjadikan teladan, adanya hubungan yang baik antara orang tua peserta didik dengan sekolah, sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor penghambatnya yaitu guru kurang dalam menguasai karakter peserta didik, karakteristik peserta didik yang berbeda-beda, kurangnya peran orang tua saat di rumah dan adanya pengaruh buruk di lingkungan masyarakat. Kata Kunci : Implementasi, Budaya Sekolah, Karakter Religius

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi, Budaya Sekolah, Karakter Religius
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwi Indah Lestari sdri
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:16
Last Modified: 12 Oct 2022 03:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16364

Actions (login required)

View Item View Item