DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DALAM MENGATASI KESEPIAN PADA LANJUT USIA (STUDI KASUS DI DESA LEBENG KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS)

Eni, Parida (2022) DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DALAM MENGATASI KESEPIAN PADA LANJUT USIA (STUDI KASUS DI DESA LEBENG KECAMATAN SUMPIUH KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof K.H. Sarifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Eni Parida_BKI-1522101015.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dukungan sosial merupakan informasi atau timbal balik dari orang lain yang menunjukkan bahwa seseorang dicintai diperhatikan, dihargai, dihormati, dan dilibatkan dalam jaringan komunikasi dan kewajiban timbal balik. Dukungan keluarga juga termasuk dalam dukungan sosial. Peran keluarga disini memberikan dukungan sosial kepada lanjut usia untuk memberikan kasih sayang, memotivasi, memberikan sarana kepada lanjut usia dalam bersosialisasi dan keagamaan. Dukungan sosial ini bertujuan untuk mengetahui peran keluarga dalam merawat lanjut usia sehingga mereka merasa nyaman dan dihargai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dukungan sosial keluarga dalam mengatasi kesepian pada lanjut usia di Desa Lebeng. Peneliti mengunakan metode penelitian kualitatif deskriptif,yaitu proses pengumpulan data, penyajian data diolah menjadi kesimpulan. Pengambilan kesimpulan dengan metode induktif yaitu mengambil kesimpulan dari berbagai informasi yang bersifat khusus ditarik kesimpulan menjadi umum. Peneliti memperoleh data-data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentas. Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa dukungan sosial dalam keluarga sangatlah penting. Keluarga dalam hal ini berperan dalam pembentukan dukungan sosial, membentuk lanjut usia menjadi lebih positif dan bahgia.Dalam proses pemberian dukungan sosial menggunakan berbagai cara yang dilakukan oleh keluarga di Desa Lebeng yaitu dengan dukungan penghargaan, dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informasi, dan dukungan jaringan sosial. Kata Kunci: Dukungan sosial, kesepin, lanjut usia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Dukungan sosial, kesepian, lanjut usia
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.9042 Stress
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Eni Parida sdri
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:12
Last Modified: 12 Oct 2022 03:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16360

Actions (login required)

View Item View Item