PRAKTIK PEMBIAYAAN SYARIAH DI KSPPS PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI DI KSPPS BMT SM KRAMAT DAN KSPPS BMT NURMA KEBUMEN)

Nufi, Mu'tamar Almahmudi (2022) PRAKTIK PEMBIAYAAN SYARIAH DI KSPPS PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI DI KSPPS BMT SM KRAMAT DAN KSPPS BMT NURMA KEBUMEN). Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NUFI MU'TAMAR ALMAHMUDI_PRAKTIK PEMBIAYAAN SYARIAH DI KSPPS PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH (STUDI DI KSPPS BMT SM KRAMAT DAN KSPPS BMT NURMA KEBUMEN).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lembaga keuangan syariah saat ini terus berkembang dan tumbuh. Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah atau yang dikenal dengan KSPPS menjadi salah satu lembaga keuangan syariah yang masih eksis keberadaannya. KSPPS dalam operasionalnya melayani produk simpanan dan pembiayaan Akan tetapi dalam merealisasikan pembiayaan antar KSPPS dan KSPPS lainya memiliki perbedaan akad yang digunakan sebagaimana dipraktikan di KSPPS BMT Nurma dan di KSPPS BMT SM Kramat Kebumen. Di KSPPS BMT Nurma, pembiayaan menggunakan akad murabahah sedangkan di KSPPS BMT SM Kramat Kebumen pembiayannya menggunakan akad muḍārabah. Meskipun akad yang digunakan antara KSPPS BMT Nurma dan KSPPS BMT Krama Kebumen berbeda namun dapat direalisasikan kepada mitra yang sama yaitu pedagang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang menggunakan pengamatan, wawancara, dan penelaah dokumen. Penelitian ini mencoba menyajikan uraian terkait praktik pembiayaan murabahah dan pembiayaan muḍārabah di KSPPS dalam perspektif hukum ekonomi syariah dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis praktik pembiayaan syariah di KSPPS BMT SM Kramat dan KSPPS BMT Nurma Kebumen dalam perspektif hukum ekonomi syariah. Praktik pembiayaan murabahah di KSPPS BMT Nurma terjadi perbedaan antara fatwa DSN MUI dengan praktik di KSPPS BMT Nurma yaitu pada tentang barang yang diperjualbelikan dalam pembiayaan murabahah. Kemudian dalam hal penentuan nisbah keuntungan, penentuan jangka waktu dan persyaratan agunan KSPPS BMT Nurma mempunyai peran yang lebih dominan pada hal tersebut. Prinsip kejujuran dan kebenaran menjadi hal yang harus diperhatikan oleh lembaga keuangan syariah dalam pemberian pembiayaan. Sedangkan praktik pembiayaan muḍārabah di KSPPS BMT Kramat mempunyai peran lebih dominan dalam penentuan nisbah bagi hasil, penentuan jangka waktu pembiayaan dan persyaratan jaminan. Pembiayaan muḍārabah hanya dapat diberikan kepada mitra yang mempunyai usaha yang sudah berjalan. Adapun jenis pembiayaan muḍārabah di KSPPS BMT SM Kramat menggunakan akad muḍārabah muṭlaqah. Kemudian terkait modal yang dimiliki oleh KSPPS BMT SM Kramat tidak sepenuhnya milik lembaga sehingga lebih tepat menggunakan akad musyarakah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Praktik, Pembiayaan Syariah, KSPPS BMT Nurma, KSPPS BMT SM Kramat
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
300 Social sciences > 340 Law
300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law (perdata)
Divisions: Pascasarjana > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nufi Mu'tamar Almahmudi sdr
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:07
Last Modified: 12 Oct 2022 03:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16349

Actions (login required)

View Item View Item