IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 SUMPIUH

Annis, Fikriyatun Jamil (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 SUMPIUH. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANNIS FIKRIYATUN JAMIL_IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 SUMPIUH.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran sangat penting dalam kegiatan pembelajaran karena hal tersebut saling berkaitan dengan hasil belajar yang nantinya akan berpengaruh pada pemahaman materi oleh peserta didik. Model pembelajaran Direct Instruction yaitu proses pembelajaran yang berpusat pada guru sebagai sumber utama materi yang diimbangi atau diperkaya dengan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguraikan dan menjelaskan Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 2 Sumpiuh, dalam prosesnya penelitian ini masuk dalam penelitian lapangan, pendekatan kualitatif. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Menurut Arends guru menjadi center teacher yang kemudian siswa akan menerima materi dengan cara sederhana atau langkah demi langkah, langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang dilakukan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran menggunakan model Direct Instruction diantaranya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan kendala. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu model pembelajaran yang digunakan guru dalam mata pelajaran PAI adalah model pembelajaran Direct Instruction, ada tiga proses yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam tahapan pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan pendapat dari Bruce Joyce dan Marsha Weil yang terdiri dari lima tahapan, yaitu orientasi (orientation), presentasi (presentation), latihan terstruktur (structured practice), latihan terbimbing (guided practice), latihan mandiri (independent practice). Kata Kunci: Implementasi, Direct Instruction, Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Direct Instruction, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ANNIS FIKRIYATUN JAMIL
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:56
Last Modified: 12 Oct 2022 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16342

Actions (login required)

View Item View Item