TERAPI SKIZOFRENIA MELALUI PSIKODRAMA DALAM FILM SHUTTER ISLAND KARYA MARTIN SCORSESE

Alviana Ayu, Salsabila (2022) TERAPI SKIZOFRENIA MELALUI PSIKODRAMA DALAM FILM SHUTTER ISLAND KARYA MARTIN SCORSESE. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Alviana Ayu Salsabila_Terapi skizofrenia melalui psikodrama dalam film shutter island karya martin scorsese.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena semakin meningkatnya penderita gangguan kejiwaan skizofrenia yang bisa menyerang siapa saja dari berbagai kalangan usia. Untuk pengobatan gangguan skizofrenia sangat beragam salah satunya adalah tindakan terapi, seperti pada film dengan judul “Shutter Island” dimana pada film tersebut seorang dokter dan psikiater melakukan terapi untuk menyembuhkan pasien skizofrenia agar pasien tersebut dapat kembali sadar akan kenyataan hidupnya. Terapi bermain peran atau psikodrama merupakan terapi yang digunakan dalam film tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai penggunaan psikodrama dalam film dan mengetahui mengenai penerapan teori psikodrama dengan psikodrama yang digunakan dalam film. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah film Shutter Island karya Martin Scorsese, adapun data-data lain yang sekiranya relevan dijadikan sebagai sumber data sekunder. Hasil dari penelitian ini menjelaskan mengenai adanya gangguan skizofrenia dan adanya penggunaan psikodrama sebagai sebuah terapi penyembuhan skizofrenia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Skizofrenia, Terapi, Psikodrama.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.2 Individual Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.9042 Stress
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.79 Seni Drama, Sinetron, Film
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Alviana Ayu Salsabila
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:49
Last Modified: 12 Oct 2022 02:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16340

Actions (login required)

View Item View Item