INTERNALISASI NILAI - NILAI SPIRITUAL DALAM KEGIATAN PENGAJIAN RUTIN DI DESA JENANG MAJENANG CILACAP

Husni Nasrul, Abadi (2022) INTERNALISASI NILAI - NILAI SPIRITUAL DALAM KEGIATAN PENGAJIAN RUTIN DI DESA JENANG MAJENANG CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
HUSNI NASRUL ABADI_INTERNALISASI NILAI-NILAI SPIRITUAL DALAM KEGIATAN PENGAJIAN RUTIN REMAJA DI DESA JENANG MAJENANG.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenakalan remaja yang terjadi di Desa Jenang. Dimana banyak sekali remaja yang terjebak atau terjerumus kedalam hal- hal yang negatif. Hal itu diperparah dengan jauhnya remaja dari agama. Kebanyakan dari mereka tidak mengetahui apa yang namanya spiritual, sehingga mereka tidak dapat memaknai hakikat hidup yang sesungguhnya. Oleh sebab itu internalisasi nilai-nilai spiritual pada diri remaja sangat perlu dilakukan, salah satunya melalui kegiatan keagamaan. Kegiatan keagamaan yang dilakukan adalah melalui pengajian yang dikhususkan bagi remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai spiritual dan unuk mendeskripsikan proses Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Dalam Kegiatan Pengajian Rutin Remaja di Desa Jenang Majenang Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun objek dalam penelitian ini ialah Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Remaja Dalam Kegiatan Pengajian Rutin Remaja. Subjek penelitian ini meliputi Bapak Masykir Ikhsan selaku pembina Ikatan Remaja Cigobang, Pengurus Ikatan Remaja Cigobang, Anggota Ikatan Remaja Cigobang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data. Sedangkan untuk menganalisis data yang penulis peroleh dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi dasta, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah bahwa nilai-nilai spiritual seperti nilai keimanan, nilai aqidah, nilai akhlak, dan nilai syariah dapat tersampaikan dengan baik melalui kegiatan pengajian rutin remaja yang berada di Desa Jenang Majenang Cilacap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai - Nilai Spiritual, Pengajian, Remaja
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Husni Nasrul Abadi sdr
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:42
Last Modified: 12 Oct 2022 02:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16326

Actions (login required)

View Item View Item