IMPLEMENTASI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 BOBOTSARI

SWIT YULIANINGSIH, MUKTI NUGRAHENI (2022) IMPLEMENTASI STRATEGI CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI MIPA DI SMA NEGERI 1 BOBOTSARI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SWIT YULIANINGSIH M.N. (1817402205).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku seseorang karena interaksinya dengan lingkungan dan pengalaman. Pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memudahkan seseorang dalam belajar. Demi tercapainya suatu tujuan pelaksanaan pembelajaran harus menggunakan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan strategi pembelajaran. Suatu pembelajaran akan terasa membosankan jika dilakukan dengan cara yang sama setiap waktu. Crossword Puzzle merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat dijadikan inovasi untuk terciptanya pembelajaran yang seru dan menyenangkan. Strategi pembelajaran Crossword Puzzle adalah sebuah strategi pembelajaran yang dirancang layaknya permainan teka-teki silang. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan sebuah mata pelajaran yang memiliki jumlah materi yang banyak namun hanya dilaksanakan selama tiga jam pelajaran dalam satu minggu, hal tersebut membuat pembelajaran terasa membosankan bagi peserta didik apalagi jika menggunakan strategi yang sama ketika pembelajaran. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian yang memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari strategi Crossword Puzzle dalam pembelajaran PAI Kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Bobotsari, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan data disajikan dalam bentuk deskriptif. Peneliti mengumpulkan data penelitian dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesmipulan. Dari hasil analisis data penelitian pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan strategi Crossword puzzle menunjukkan bahwa: 1) strategi crossword puzzle ini bisa digunakan ketika proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran; 2) strategi crossword puzzle merupakan sebuah startegi pembelajaran yang menyenangkan dimana peserta didik bisa merasakan belajar sambil bermain, namun tidak meninggalkan esensi dari belajar itu sendiri; 3) dalam penerapannya strategi ini merupakan strategi yang digemari oleh peserta didik; 4) berdasarkan hasil penelitian, peneliti merasa bahwa startegi crossword puzzle efektif membuat siswa aktif ketika pembelajaran karena peserta diajak untuk berfikir dan bertindak, tidak hanya mendengarkan guru berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, PAI, Strategi Crossword Puzzle.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 080 General collections
100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SWIT MUKTI NUGRAHENI sdri
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:36
Last Modified: 12 Oct 2022 02:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16315

Actions (login required)

View Item View Item