Implementasi Konsep Margin dalam Pembiayaan Tempo Berjangka melalui Akad Murabahah di Baitut Tamwil Muhammadiyah Cabang Rawalo.

Kholifah, Nursita (2022) Implementasi Konsep Margin dalam Pembiayaan Tempo Berjangka melalui Akad Murabahah di Baitut Tamwil Muhammadiyah Cabang Rawalo. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Kholifah Nursita_Implementasi Konsep Margin Dalam Pembiayaan Tempo Berjangka Melalui Akad Murabahah Di Baitut Tamwil Muhammadiyah Cabang Rawalo.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Akad Murabahah merupakan akad yang seringkali digunakan dalam transaksi pembiayaan di Lembaga Keuangan Syariah. Akad murabahah ialah merupakan akad jual beli barang dengan melaporkan harga perolehan benda atau barang dan keuntungan yang ditetapkan (margin ditentukan melalui kesepakatan penjual dan pembeli). Pembiayaan akad murabahah biasanya dilakukan dengan jangka tempo yang telah ditentukan saat melakukan akad. Selain penentuan tempo yang akan dilaksanakan ke depan, pembiayaan ini erat kaitanya dengan margin. Margin merupakan keuntungan dalam presentase tertentu yang ditetapkan pertahun dan perhitungannya ada yang harian dan ada juga yang dihitung bulanan. Berdasarkan tujuannya penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan wawancara, dokumentasi, observasi dan tiangulasi. Wawancara yang dilakukan kepada Kepala Kantor Cabang Baitut Tamwil Muhammadiyah Cabang Rawalo, Bagian Pembiayaan dan beberapa anggota untuk memperkuat data. Kemudian dianalisis melalui analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan konsep margin dalam pembiayaan tempo berjangka melalui akad murabahah di Baitut Tamwil Muhammadiyah sebagian ada yang sudah sesuai dengan aturan dalam ekonomi Islam dan sebagian masih ada yang harus diperbaiki supaya transaksi-transaksi yang dijalankan semuanya sesuai dengan aturan ekonomi Islam yang berlaku, dalam hal ini mengacu pada DSN-Majelasi Ulama Indonesia. Kata Kunci : Margin, Akad Murabahah, Pembiayaan Tempo Berjangka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Margin, Akad Murabahah, Pembiayaan Tempo Berjangka
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual Beli (Termasuk Salam dan Lelang)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.23 Perjanjian (Perburuhan, Tanah, Wadiah Kafalah)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kholifah Nursita sdri
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:10
Last Modified: 12 Oct 2022 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16288

Actions (login required)

View Item View Item