IMPLEMENTASI METODE INFORMATION SEARCH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO

Heni, Rahmawati (2022) IMPLEMENTASI METODE INFORMATION SEARCH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN HADIS DI SMP MUHAMMADIYAH 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Heni Rahmawati_Implementasi Metode Information Search Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Hadis di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak guru yang masih belum memahami pemilihan metode yang tepat dalam proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada tujuan pembelajaran yang gagal tercapai. Di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto, pembelajaran Al-Qur’an Hadis dianggap membosankan karena penerapan metode yang kurang tepat. Oleh karena itu guru Al-Qur’an Hadis menggunakan metode Information Search dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis. Metode Information Search merupakan metode yang mengarahkan siswa untuk mencari informasi dari berbagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Information Search dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di SMP Muhammadiyah 3 Purwokerto dari segi perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Untuk subjek penelitian ini adalah guru Al-Qur’an Hadis dan siswa kelas VIII A. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yakni, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Qur’an Hadis diawali dengan perencanaan pembelajaran yang meliputi beberapa kegiatan diantaranya menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, menyiapkan metode dan media pembelajaran, menyiapkan materi pembelajaran. Kemudian langkah pelaksanaan merupakan pengimplementasian metode Information Search yang diawali dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok guna untuk mendiskusikan suatu persoalan yang mencari informasi dari beberapa sumber seperti buku, internet, majalah, dan lainnya. Dan selanjutnya mereka mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Langkah terakhir adalah kegiatan evaluasi, yaitu dengan evaluasi yang dilaksanakan dengan aspek penilaian ulangan harian dan penilaian akhir semester dalam bentuk tes tertulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Information Search, Pembelajaran Al-Qur’an Hadis
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.2 Al Qur'an dan Terjemah
2x2 Hadits dan Ilmu Yang Berkaitan > 2x2.3 Kumpulan Hadits Bidang Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Rahmawati
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:53
Last Modified: 11 Oct 2022 06:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16263

Actions (login required)

View Item View Item