STRATEGI MENGATASI KEBOSANAN PADA SOPIR TRUK ANTAR PULAU DI DESA KETANGGAN KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG

Lutfi, Arsyadi (2022) STRATEGI MENGATASI KEBOSANAN PADA SOPIR TRUK ANTAR PULAU DI DESA KETANGGAN KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LUTFI ARSYADI_STRATEGI MENGATASI KEBOSANAN PADA SOPIR TRUK ANTAR PULAU DI DESA KETANGGAN KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sopir adalah pekerjaan mengemudi kendaraan. Sopir (pengemudi) atau bahasa inggrisnya driver adalah orang yang mengemudikan kendaraan. Sementara itu, pekerjaan mengemudi truk dalam rentang yang panjang dan banyak hambatan merupakan pekerjaan yang seringkali mendatangkan ketegangan emosi secara berlebihan. Jarak tempuh yang panjang dan karenanya memerlukan waktu yang lama membuat sopir truk merasa Bosan. Kebosanan merupakan salah satu fenomena umum yang kerap terjadi pada karyawan ataupun sopir truk. Kebosanan dapat terjadi pada karyawan maupun sopir yang melakukan pekerjaan secara monoton,berulang-ulang. Strategi merupakan rencana tindakan atau cara yang dipakai sehubungan dengan upaya pencapaian yang digunakan untuk mencapai sasaran khusus. Seperti halnya sopir Truk yang memiliki rencana tindakan atau cara mengatasi kebosanan ketika dijalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara , observasi dan dokumentasi. Aspek yang diteliti yaitu Strategi sopir truk antar pulau dalam mengatasi kebosanan dijalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan kebosanan, yaitu: laju kendaraan lamban, jarak tempuh yang sangat jauh, kemacetan dan kurangnya istirahat, dari hambatan tersebut seorang sopir akan merasa bosan sehingga menimbulkan perilaku sering menjeda perjalanan, merasa jenuh dalam melakukan pekerjaan dan sulit untuk fokus. Berdasarkan hal tersebut peneliti menemukan beberapa strategi yang dilakukan oleh para sopir angkutan barang antar pulau untuk mengatasi atau mengurangi kebosanan antara lain: Istirahat diparkiran penunda, Minum plus karoke, Punya istri kedua, Main judi dan ‘Jajan’ dirumah makan remang-remang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sopir Truk, kebosanan, dan strategi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.2019 Psikologi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Lutfi Arsyadi sdr
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:27
Last Modified: 11 Oct 2022 03:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16220

Actions (login required)

View Item View Item