ANALISIS STRATEGI KOMPETITIF PENJUALAN HOME INDUSTRY KERAJINAN KERANG (STUDI KASUS KHARISMA KERANG KECAMATAN CILACAP SELATAN,KABUPATEN CILACAP)

VENIKA, NUR AINIE (2022) ANALISIS STRATEGI KOMPETITIF PENJUALAN HOME INDUSTRY KERAJINAN KERANG (STUDI KASUS KHARISMA KERANG KECAMATAN CILACAP SELATAN,KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
VENIKA NUR AINIE_ANALISIS STRATEGI KOMPETITIF PENJUALAN HOME INDUSTRY KERAJINAN KERANG(Studi Kasus Kharisma Kerang Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Strategi kompetitif adalah suatu upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk memenangkan persaingan dalam mendapatkan konsumen yang lebih banyak dan tepat sasaran dengan menggunakan strategi keunggulan yang diberikan. Di daerah pesisir pantai Teluk Penyu Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap terdapat 8 outlet yang menjual kerajinan berbahan dasar kerang salah satunya yaitu pada Home Industry Kharisma Kerang. Untuk mempertahankan bisnis di tengah persaingan, beberapa outlet mengunakan strategi kompetitif dengan menerapkan strategi produk, pelayanan, personil, citra dan saluran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kompetitif penjualan home industry kerajinan kerang (studi kasus Kharisma Kerang Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Menggunakan Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan metode reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data pada penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kompetitif yang digunakan oleh pemilik home industry Kharisma Kerang yaitu dengan menggunakan strategi diferensiasi yang mencakup diferensiasi produk, diferensiasi kualitas pelayanan produk atau jasa, diferensiasi personil, diferensiasi citra dan diferensiasi saluran. Dari kelima strategi kompetitif tersebut pemilik home industry Kharisma Kerang memiliki keunggulan diferensiasi saluran dengan menunjukan kualitas produk, pelayanan serta saluran atau media pemasaran produk yang lebih baik. Dengan menggunakan strategi diferensiasi yang tepat, pemilik bisnis home industry Kharisma Kerang memiliki omset lebih tinggi dari pada pesaingnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Kompetitif, Home Industry Kerajinan Kerang, Kharisma Kerang, Strategi Generik Diferensiasi
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Venika Nur Ainie sdri
Date Deposited: 11 Oct 2022 02:11
Last Modified: 11 Oct 2022 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16213

Actions (login required)

View Item View Item