PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SEMESTER II MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN POKOK BAHASAN MENGENAL KEKHASAN BANGSA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI MI MA’ARIF NU 1 GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SRI MUGI RAHAYU, 1123306152 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SEMESTER II MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN POKOK BAHASAN MENGENAL KEKHASAN BANGSA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI MI MA’ARIF NU 1 GUMELAR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Sri Mugi Rahayu_PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan salah satu mata pelajaran yang ada di tingkat sekolah dasar atau madrasah. Pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sangatlah penting karena merupakan salah satu upaya menanamkan sikap kebangsaan dalam diri siswa. Saat ini keberadaan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kurang diminati oleh peserta didik terutama pada kelas III di MI Ma’arif NU I Gumelar. Seharusnya semua peserta didik kelas III sudah mampu menguasai dan memahami pokok bahasan mengenal kekhasan bangsa Indonesia dengan baik, namun kenyataannya masih ada sebagian peserta didik yang belum menguasai materi tersebut dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pokok bahasan mengenal kekhasan bangsa Indonesia di MI Ma’arif NU I Gumelar. Metode pengumpulan data meliputi observasi dan tes. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian , dapat disimpulkan bahwa : (1) Pembelajaran PKn pokok bahasan mengenal kekhasan bangsa indonesia yang dilaksanakan dengan menggunakan media gambar di kelas III MI Ma’arif NU I Gumelar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dan (2) Peningkatan pembelajaran dapat terlihat dari hasil ulangan/evaluasi pada tiap siklusnya. Adapun ketuntasan belajar dari 14 peserta didik di kelas III dapat dilihat sebagai berikut : studi awal peserta didik yang tuntas hanya 5 orang atau 35,71%, siklus I peserta didik yang tuntas 8 orang atau 57,14%, siklus II siswa yang tuntas 12 orang atau 85,71% . Data tersebut menunjukkan bahwa dari studi awal siswa yang tuntas hanya 5 orang dan meningkat pada siklus I menjadi 8 siswa dan pada siklus II menjadi 12 orang peserta didik. Peningkatan peserta didik yang tuntas belajar juga terjadi pada siklus II mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu 80%. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Gambar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 22 Nov 2016 02:11
Last Modified: 22 Nov 2016 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1617

Actions (login required)

View Item View Item