PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI NEGERI KRANGEAN KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA

WAHYU WIDI LESTARI, NIM. 1123305072 (2015) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI NEGERI KRANGEAN KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
WAHYU WIDI LESTARI_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI NEGERI KRANGEAN KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (770kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat siswa dengan mata pelajaran bahasa Indonesia, pelajaran bahasa Indonesia memiliki empat aspek yaitu, menyimak/mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Harus diakui kebiasaan membaca maupun menulis masih sangat rendah, bagi siswa yang tidak terbiasa membaca dan menulis maka akan memiliki persepsi bahwa keempat aspek dalam mata pelajaran bahasa Indonesia sangat menyusahkan baginya.Oleh sebab itu, sebagai jalan keluarnya hendaknya guru dapat mengkolaborasikan antara materi pelajaran dengan strategi pembelajaran yang bervariasi, sehingga pembelajaran bahasa Indonesia mampu memberikan kemampuan dan keterampilan berbahasa siswa dengan baik, siswa senang dalam belajar dan siswa dapat terampil dalam berbahasa. Penerapan strategi pembelajaran bahasa Indonesia dikombinasikan dengan inovasi-inovasi dalam pembelajaran serta menuntut kreatifitas baik guru dan siswanya tentu akan efektif dan menyenangkan dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaranpun akan mudah tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan pasti yang konkret dan bisa dipertanggungjawabkan tentang penerapan strategi pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan (PAIKEM) pada mata pelajaran bahasa Indonesia di MIN Krangean. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau tulisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan analisis analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui dua tahapan, yakni: analisis data sebelum di lapangan berupa data-data sementara yang penulis dapatkan ketika melakukan studi pendahuluan dan analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data. Dari kedua jenis analisis data tersebut barulah dapat ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: Macam-macam strategi PAIKEM yang diterapkan guru bahasa Indonesia seperti: Strategi Everyone Is a Teacher Here, Strategi Reading Guide, Strategi The Study Group, Strategi Student Created Case Study,dan Strategi Info Search. Adapun untuk langkah-langkah yang digunakan sudah sesuai dengan teori yang ada dan penerapan strategi PAIKEM tersebut juga disesuaikan dengan karakter materi dan siswanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Strategi PAIKEM dan Mata Pelajaaran bahasa Indonesia
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 18 Nov 2016 02:53
Last Modified: 18 Nov 2016 02:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1612

Actions (login required)

View Item View Item