PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM TAHFIDZUL QUR'AN PADA SISWA KELAS 2A DI MI PLUS MA'ARIF NU MAKAM REMBANG PURBALINGGA

Nabilla, Khoery Millantina (2022) PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM TAHFIDZUL QUR'AN PADA SISWA KELAS 2A DI MI PLUS MA'ARIF NU MAKAM REMBANG PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NABILLA KHOERY MILLANTINA_PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI PROGRAM TAHFIDZUL QUR'AN PADA SISWA KELAS 2A DI MI PLUS MA'ARIF NU MAKAM REMBANG PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan yang tidak dibarengi dengan adanya pondasi yang kuat tentang pemahaman norma etika dan adab, sedikit demi sedikit akan mengikis karakter anak bangsa. Pentingnya penanaman pendidikan karakter religius sejak dini merupakan salah satu bentuk pondasi bagi peserta didik untuk menanamkan watak, karakter, dan perilaku yang baik sesuai dengan norma dan agama. Salah satunya dengan menerapkan program tahfidzul Qur’an, melalui program tahfidzul Qur’an di sekolah dapat membekali siswa agar bisa membaca dan menghafal Al-Qur’an sekaligus dalam membentuk akhlak mulia pada siswa. Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang penanaman pendidikan karakter religius melalui program tahfidzul Qur’an pada siswa kelas 2A di MI Plus Ma’arif NU Makam Rembang Purbalingga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Untuk pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian “Penanaman Pendidikan Karakter Religius Melalui Program Tahfidzul Qur’an Pada Siswa Kelas 2A Di MI Plus Ma’arif NU Makam Rembang Purbalingga” bahwa penanaman karakter religius dilakukan dengan metode pembiasaan, metode keteladanan, menciptakan suasana yang kondusif, metode motivasi serta metode kisah. Program tahfidzul Qur’an mencakup lima kegiatan yaitu: Kegiatan Muroja’ah, Setoran Hafalan, Sima’an Al-Qur’an, Surah Of The Day, BTQ dan Ilmu Tajwid. Dari keseluruhan kegiatan tersebut tentunya tercipta nilai karakter religius, seperti nilai ibadah, nilai ruhul jihad, nilai keteladanan, nilai akhlak dan kedisiplinan, nilai amanah dan ikhlas. Kata Kunci: Penanaman Pendidikan Karakter Religius, Program Tahfidzul Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Pendidikan Karakter Religius, Program Tahfidzul Qur'an
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1227 Pendidikan Al Qur'an
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nabilla Khoery Millantina sdri
Date Deposited: 07 Oct 2022 06:29
Last Modified: 07 Oct 2022 06:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16058

Actions (login required)

View Item View Item