IMPLEMENTASI METODE BELAJAR SIMA’I DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL QUR’AN ANWARUL FALAH TINGGARJAYA JATILAWANG BANYUMAS

RIZKA, ERRIE LARASATI (2022) IMPLEMENTASI METODE BELAJAR SIMA’I DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QURAN DI PONDOK PESANTREN TARBIYATUL QUR’AN ANWARUL FALAH TINGGARJAYA JATILAWANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rizka Errie Larasati 1717402165.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu kegiatan yang mulia dimata Allah SWT. Dalam menghafal diperlukan metode yang tepat agar proses dan tujuan dari menghafal dapat dicapai dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi metode sima’i dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di Pondok Pe santren Tarbiyatul Qur’an Anwarul Falah Tinggar Jaya Jatilawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur’an Anwarul Falah Tinggarjaya Jatilawang Banyumas. Dengan subjek penelitiannya meliputi pengasuh, pengurus dan santri Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur’an Anwarul Falah Tinggarjaya Jatilawang Banyumas. Hasil penelitian mengenai implementasi metode belajar sima’i di Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur’an Anwarul Falah Tinggarjaya Jatilawang Banyumas yaitu dilakukan dengan tiga tahapan yaitu persiapan yang berupa bembagian juz, proses simaan yang dikiuti oleh semua santri dan santri tahfidz dan penutupan yang ditutup dengan doa khataman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran tahfidzul Qur’an, Sima’i.
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.2 Al Qur'an dan Terjemah
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RIZKA ERRIE I LARASAT
Date Deposited: 07 Oct 2022 04:10
Last Modified: 07 Oct 2022 04:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16041

Actions (login required)

View Item View Item