FEBRIYANI HAYU NUDFIYATI, NIM 1123301063 (2015) NILAI–NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
Text
FEBRIYANI HAYU NUDFIYATI_NILAI–NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL MOGA BUNDA DISAYANG ALLAH KARYA TERE LIYE DAN RELEVANSINYA DENGAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) menimbulkan berbagai perubahan dalam tatanan perilaku sehari-hari. Perubahan ini ditandai dengan terjadinya penyimpangan pada kalangan anak-anak maupun remaja. Hal ini akibat dari lunturnya nilai-nilai pendidikan akhlak. Maka dari itu, perlu adanya pendidikan akhlak. Pendidikan yang mengajarkan, mengarahkan dan membimbing sikap dan tingkah laku seseorang yang kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan akhlak bertujuan untuk membentuk pribadi yang baik sesuai ajaran Islam. Pendidikan tidak hanya dilaksanakan di keluarga, sekolah dan masyarakat, tetapi dapat melalui media cetak, seperti novel. Salah satunya novel Moga Bunda Disayang Allah. Novel ini mengandung nilai-nilai pendidikan akhlak. Permasalahan yang diangkat adalah nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere-Liye dan relevansinya dengan mata pelajaran akidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi mendalam tentang nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye dan untuk mengetahui relevansinya dengan mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research), yaitu dengan mengkaji nilai-nilai pendidikan akhlak dalam sebuah karya sastra berupa novel. Salah satunya novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye. Selanjutnya dikaitkan dengan dengan mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis struktural. Berdasarkan hasil penelitian, nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye, terbagi menjadi empat, yaitu akhlak terhadap Allah Swt (berdo’a, tawakal, syukur dan taubat), akhlak pribadi (shidiq, amanah, tawadhu’, sabar dan pemaaf), akhlak dalam keluarga (birrul walidain, hak kewajiban dan kasih sayang suami isteri, serta kasih sayang dan tanggung jawab orang tua terhadap anak), akhlak bermasyarakat (menerima dan memuliakan tamu, toleransi dan tolong menolong). Adapun akhlak tercela, meliputi: putus asa, bohong, gunjing dan fitnah, marah, kasar dan mabuk-mabukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak, Novel Moga Bunda Disayang Allah. |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Restu Umar Fauzi |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 06:55 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 06:55 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1602 |
Actions (login required)
View Item |