KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL (STUDI PEMIKIRAN K.H. ALI MAKSUM KRAPYAK)

ELVINAMI, NURMALITASARI (2022) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL (STUDI PEMIKIRAN K.H. ALI MAKSUM KRAPYAK). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ELVINAMI NURMALITASARI-KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TRADISIONAL (STUDI PEMIKIRAN K.H. ALI MAKSUM KRAPYAK) (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada umumnya ditujukan untuk menanamkan nilai-nilai dan norma-norma tertentu sebagaimana yang telah ditetapkan dalam filsafat pendidikan, yakni nilai atau norma yang dijunjung tinggi oleh suatu lembaga pendidikan. Sayangnya, dasar filosofi ini terkadang belum terkonsep secara jelas oleh pelaksana pendidikan. Hal tersebut dapat dilihat pada lembaga pendidikan tertentu di mana. pola dan sistem pendidikan yang dikembangkan cenderung labil. Oleh karena itu, dalam rangka mempersiapkan pendidikan yang maju maka perlu diawali dengan menetapkan dasar filosofi yang mantap dan ditunjang oleh seperangkat teori dan konsep kependidikan yang memadai. Konsep-konsep pendidikan umum yang tumbuh dan berkembang saat ini, baik di Barat maupun Timur sebenarnya berakar pada konsep pendidikan Islam. Konsep pendidikan umum dan pendidikan Islam sama-sama terikat oleh nilai-nilai universal sebagai ikatan nilai lahi yang bersifat mutlak, demikian juga Pendidikan Agama Islam (PAI). Dengan demikian, nilai-nilai yang harus diintegrasikan ke dalam pendidikan umum tidak hanya berdasarkan baik dan buruk menunut manusia, tapi baik dan buruk itu harus mencapai standar ukuran nilai-nilai ketuhanan yang digariskan oleh Tuhan semesta alam, yaitu nilai-nilai spiritual yang digariskan oleh Al-Qur’an dan al Hadits. Adapun metode yang akan digunakan adalah metode deskriptif- analitis yaitu ingin mencoba mendeskripsikan konstruksi dasar konsep pendidikan Islam tradisional studi kasus K.H. Ali Maksum. Salah satu cara agar tercapainya tujuan pendidikan Islam yang sesuai dengan standar nilai-nilai spiritual adalah dengan mendirikan dan mengembangkan pendidikan pesantren. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan latar belakang kehidupan K.H. Ali Maksum dan pemikirannya dalam pendidikan Islam tradisionalnya pada pondok pesantren Krapyak Yogyakarta. K.H. Ali Maksum termasuk salah satu ulama yang cukup sukses mengembangkan pendidikan pesantren dan madrasah. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dalam penelitian ini diperoleh temuan bahwa metode pendidikan pesantren dan madrasah yang diterapkan K.H. Ali Maksum adalah memadukan sistem pendidikan sorogan, bandongan, dan model diskusi antar santri. Dengan model pendidikan pesantren dan madrasah tersebut, terbukti pondok pesantren Krapyak banyak melahirkan alumni- alumni yang cukup berpengaruh di Indonesia. Kata kunci: K.H. Ali Maksum; Biografi; Pemikiran Pendidikan Islam Tradisional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: K.H. Ali Maksum; Biografi; Pemikiran Pendidikan Islam Tradisional
Subjects: 000 Generalities > 010 Bibliography
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.37 Perbandingan sistem pendidikan Islam dengan sistem pendidikan lainya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elvinami Nurmalitasari sdri
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:04
Last Modified: 07 Oct 2022 08:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15959

Actions (login required)

View Item View Item