Analisis Maslahah Mursalah Terhadap Konstruksi Akad Investasi Dana Haji Di Bank Muamalat Purwokerto

Melita, Elza Alfiani (2022) Analisis Maslahah Mursalah Terhadap Konstruksi Akad Investasi Dana Haji Di Bank Muamalat Purwokerto. Skripsi thesis, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MELITA ELZA ALFIANI_ANALISIS MASLAHAH MURSALAH TERHADAP KONSTRUKSI AKAD INVESTASI DANA HAJI DI BANK MUAMALAT PURWOKERTO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan dana haji menjadi entitas yang penting untuk dilakukan oleh Kementrian Agama, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan investasi. Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) selaku lembaga yang di limpahi kewenangan mandat untuk mengelola dana tersebut menggandeng beberapa Bank Syariah untuk dijadikan tempat investasi dengan menggunakan multi akad. Di antara Bank Syariah tersebut adalah Bank Muamalat Purwokerto. Dalam penelitian ini peneliti berfokus kepada analisis mas{lah{ah mursalah terhadap konstruksi akad investasi dana haji di Bank Muamalat Purwokerto. Adapun tujuan dari penelitian skripsi ini yaitu untuk mengetahui bentuk konstruksi akad investasi dana haji di Bank Muamalat Purwokerto ditinjau dari mas{lah{ah mursalah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan lokasi penelitian di Bank Muamalat Purwokerto. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif-kualitatif, data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder yang dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian data tersebut diperiksa dan disusun secara cermat, dianalisis, dan diatur sedemikian rupa. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukan bahwa konstruksi akad investasi dana haji di Bank Muamalat Purwokerto sah secara fikih karena memenuhi syarat dan rukun akad (wadi’ah, waka>lah, dan mud{arabah). Setelah dilakukan analisis menggunakan mas{lah{ah mursalah mengenai konstruksi multi akad yang digunakan dan juga pertimbangan terhadap kemaslahatan yang dihasilkan, peneliti meyakini keabsahan terhadap konstruksi multi akad yang digunakan dalam kegiatan investasi yang dilakukan terkait konstruksi akad di Bank Muamalat Purwokerto dan setuju dengan melegalkan adanya kegiatan investasi yang dilakukan oleh BPKH karena selain memberikan nilai manfaat yang banyak dirasakan namun juga konstruksi akad sudah sesuai prinsip-prinsip syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Maslahah Mursalah, Dana Haji, dan Bank Muamalat Purwokerto
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.28 Perbandingan Hukum Bidang Muamalat dan Hukum Lain
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Melita Elza Alfiani sdri
Date Deposited: 06 Oct 2022 01:34
Last Modified: 06 Oct 2022 01:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15957

Actions (login required)

View Item View Item