PONDOK PESANTREN AN-NUR: SEJARAH DAN KONTRIBUSI TERHADAP MASYARAKAT KEDUNGBANTENG BANYUMAS (1986-2022)

Velintiana, Nur Afidah (2022) PONDOK PESANTREN AN-NUR: SEJARAH DAN KONTRIBUSI TERHADAP MASYARAKAT KEDUNGBANTENG BANYUMAS (1986-2022). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Velintiana Nur Afidah_Pondok Pesantren An-Nur, Sejarah dan Kontribusi terhadap Masyarakat Kedungbanteng, Banyumas (1986-2022).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pondok Pesantren An-Nur merupakan salah satu pesantren yang berada di Desa Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, yang menggunakan sistem salafiyah. Didirikan oleh seorang tokoh agama yang sangat disegani atau masyarakat menganggapnya sebagai sesepuh desa, beliau adalah K.H. M. Ridlwan Sururi. Berkembangnya Pondok Pesantren An-Nur Kedungbanteng ini didasari oleh suatu kontribusi. Kontribusi Pondok Pesantren An-Nur terhadap masyarakat Desa Kedungbanteng sampai sekarang terbilang masih berjalan. Sehingga, penting untuk diteliti karena dapat mengetahui sejarah berdirinya Pondok Pesantren An-Nur Kedungbanteng sampai kontribusi yang diberikan kepada masyarakat Desa Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Tujuan dari penelitian ini, untuk menjelaskan sejarah berdirinya Pondok Pesantren An-Nur Kedungbanteng dan kontribusinya terhadap masyarakat Desa Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah yang menekankan pada empat tahap metode sejarah yaitu heuristik (tahap mencari, menemukan dan mengumpulkan sumber sejarah), verifikasi atau kritik sumber (tahap menguji keaslian dan keabsahan sumber sejarah, interprestasi (tahap menafsirkan fakta-fakta sejarah) dan historiografi (tahap penulisan sejarah). Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sejarah dan sosiologis. Serta, penelitian ini menggunakan dua teori, yaitu Teori Siklus dan Teori Fungsional. Hasil penelitian ini adalah Pondok Pesantren An-Nur Kedungbanteng didirikan oleh K.H. M. Ridlwan Sururi pada tahun 1986, di Desa Kedungbanteng, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Berdirinya pesantren ini diawali dengan K.H. M. Ridlwan Sururi beserta masyarakat sekitar mendirikan masjid pada tahun 1971, kemudian mendirikan asrama santri putra dan putri. Setelah wafatnya K.H. M. Ridlwan Sururi kepemimpinan pesantren digantikan oleh putranya, K.H. M. Atiq Nurur Robbani. Tujuan berdirinya pesantren ini sesuai dengan namanya “An-Nur”, yaitu untuk selalu memancarkan cahaya dan menerangi manusia dari gelapnya kehidupan dunia dan seisinya. Berdasarkan hasil penelitian menemukan adanya kontribusi Pondok Pesantren An-Nur Kedungbanteng terhadap masyarakat sekitar yang terbagi menjadi tiga bidang yaitu bidang pendidikan: majelis taklim, dan simaan Al-Qur’an, bidang sosial kemasyarakatan: haul sesepuh warga masyarakat, barzanji ibu-ibu rumah tangga, bakti sosial, kerja bakti dan pengobatan massal, dan bidang ekonomi: perdagangan, pertanian dan peternakan. Kata Kunci: Pondok Pesantren An-Nur, Sejarah, Kontribusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren An-Nur, Sejarah, Kontribusi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.6 Perkembangan Islam di berbagai negeri setelah 1800
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Valentiana Nur Afidah sdri
Date Deposited: 01 Oct 2022 02:50
Last Modified: 01 Oct 2022 02:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15924

Actions (login required)

View Item View Item