HUKUM MENGUCAPKAN SELAMAT NATAL KEPADA KAUM NASRANI (STUDI KOMPARATIF PANDANGAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB DAN MUHAMMAD BIN SALIH AL-‘USAIMIN)

HANIATUL, KHOIRIYAH (2022) HUKUM MENGUCAPKAN SELAMAT NATAL KEPADA KAUM NASRANI (STUDI KOMPARATIF PANDANGAN MUHAMMAD QURAISH SHIHAB DAN MUHAMMAD BIN SALIH AL-‘USAIMIN). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
HaniatulKhoiriyah-Hukum Mengucapkan Selamat Natal Kepada Kaum Nasrani(Studi Komparatif Pandangan Muhammad Quraish Shihab dan Muhammad bin Shalih al-Utsaimin).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Ucapan selamat natal merupakan pembahasan yang polemik dalam kajian ilmu agama Islam. Di Indonesia terdapat Lima agama resmi yang diakui pemerintah dengan konsekuensi harus terjalinnya relasi sosial antar umat beragama. Namun relasi tersebut tidak selamanya berjalan sesuai kemauan kita, terutama pada perayaan ritual agama seperti perayaan natal. Dalam hal ini Muhammad Quraish Shihab dan Muhammad bin S{alih{ al-‘Usaimi@@n berbeda pendapat, kamudian bagaimana analisis perbandingan pandangan Quraish Shihab dan ‘Usaimi@@n mengenai hukum mengucapkan selamat natal. Penelitian yang penulis lakukan termasuk penelitian kepustakaan (library research). Adapun pendekatan penelitian yang peneliti gunakan adalah normatif-sosiologis, yakni penelitian yang difokuskan pada kajian berbagai pemikiran modern tentang ucapan natal. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi. Sumber data primer yang digunakan yaitu Menjawab 1001 Soal Keislaman, tafsir al-Misbah karya Quraish Shihab, dan karya dari Muhammad bin S{alih{ al-‘Usaimi@@n yaitu Majmu>’ Fata<wa< Fad{i<la<h. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Quraish Shihab dalam pengambilan hukum membolehkan mengucapkan selamat natal kepada kaum Nasrani menggunakan metode ijtiha<d insya’i, sedangkan Muhammad bin S{alih{ al-‘Usaimi@@n dalam larangannya mengucapkan natal menggunakan metode penalaran al-Lugawiyyah semata. Namun mereka sependapat bahwa sama-sama melarang adanya percampuran perayaan hari raya antar umat beragama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengucapkan selamat natal, Muhammad Quraish Shihab, Muhammad bin S{alih{ al-‘Usaimi@@n.
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.4 Kumpulan Ayat dan Surat Tertentu
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.8 Biografi tokoh-tokoh/pemuka-pemuka Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Perbandingan Madzhab
Depositing User: HANIATUL KHOIRIYAH sdri
Date Deposited: 30 Sep 2022 02:34
Last Modified: 30 Sep 2022 02:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15897

Actions (login required)

View Item View Item