Siti Roihatun Miskiyah, 092333060 (2013) MANAJEMEN KURIKULUM PESANTREN MAHASISWA (PESMA) AN-NAJAH KUTASARI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.
|
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf Download (253kB) | Preview |
|
Text
SITI ROIHATUN MISKIYAH_MANAJEMEN KURIKULUM PESANTREN AN-NAJAH.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
Abstract
Pesantrenadalahlembagapendidikan non formal yang mempunyaitujuansesuaidenganfigurataukepribadianpengasuh, bukanberartitidakadaarahtujuan yang jelasdanrencana yang matang.Akan tetapiberdasarkanpengalamanPesantrenyang menyelenggarakanpendidikan yang adasebelumadanyapendidikan formal terbentuk, PesantrentelahdapatmengelolapelaksanakanpendidikanmelaluikurikulumPesantrenyang khassebagailembagapendidikan non formal. Hal inilah yang mendukungpesantrendalammemperolehkepercayaaanmasyarakatindonesiauntukmendidikanak-anaknya. Salah satuPesantrenyang sangateksis di wilayahPurwokertoadalahPesantrenMahasiswa An-NajahKutasariPurwokertoyang menfokuskanpendidikanpadabidangkepenulisan.MeskidemikianPesantreninitetapmemberikanbidangilmulainnyadariberbagaicabangilmuIslam.Santri di Pesantreniniadalahmahasiswabaikdari STAIN, UNSOED, danAmikom. TujuanpenelitianiniadalahmengetahuimanajemenkurikulumPesma An-NajahKutasariPurwokerto.Penelitianinimerupakanpenelitian yang berjenispenelitianlapangan (field research).Dan metode yang digunakanpadapenelitianiniyaitumetodedeskriptifkualitatifanalisis non statis.Untukmemperoleh data tentangmanajemenkegiatan-kegiatan yang dilaksanakanyaituperencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, danpengawasankurikulum.Adapun proses pengumpulan data dilakukandenganmetodeobservasi, wawancara, dandokumentasi. Subjekdaripenelitianiniyaitupengasuh, pengurus, dansantriPesma An-NajahKutasari. Dari analisis yang penulislakukandapatdiambilkesimpulanbahwa: 1.PerencanaankurikulumPesma An-Najahtelahdilaksanakandenganbaikkarenasudahmemenuhiunsur-unsurdalamperencanaan. 2.PengorganisasiankurikulumPesma An-Najahtelahdilaksanakandenganbaikkarenatelahditentukanjadwalkegiatandanpenanggungjawabdalamsetiapmatapelajaran. 3.PelaksanaankurikulumPesma An-Najahtelahdilaksanakandenganbaikkarenasudahsesuaidenganperencanaandandilaksanakandenganmetodedan media pembelajaransesuaikebutuhansantri. xiii 4.PengawasankurikulumPesma An-Najahdilaksanakankurangbaikkarenaevaluasidilaksanakansatu kali dalamdua semester dantidakdiujikantiapmatapelajarannya. Kata kunci :ManajemenKurikulum, Pesantren.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Indah Wijaya Antasari |
Date Deposited: | 18 Nov 2016 02:22 |
Last Modified: | 18 Nov 2016 02:22 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1589 |
Actions (login required)
View Item |