KEPEMIMPINAN PROFETIK K. H. ACHMAD SA'DULLOH MAJDI DALAM PENGEMBANGAN YAYASAN AL-ITTIHAD PASIR KIDUL

Chubbi, Syauqi (2022) KEPEMIMPINAN PROFETIK K. H. ACHMAD SA'DULLOH MAJDI DALAM PENGEMBANGAN YAYASAN AL-ITTIHAD PASIR KIDUL. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi chubbi syauqi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan profetik dapat diartikan sebagai kemampuan seorang pemimpin dalam mengendalikan dirinya serta kemampuan mempengaruhi orang lain demi mencapai tujuan bersama dengan berdasarkan empat sifat nabi yakni: shidiq, amanah, tabligh, fathonah. Lembaga pendidikan menjadi tempat yang tepat untuk menerapkan kepemimpinan profetik. Penelitian ini membahas tentang kepemimpinan profetik K.H. Achmad Sa’dulloh Majdi dalam pengembangan Yayasan Al-Ittihad Pasir Kidul Purwokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menjelaskan kepemimpinan profetik K.H. Achmad Sa’dulloh di Yayasan Al-Ittihad dengan dimensi kenabian. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan profetik K.H. Achmad Sa’dulloh Majdi dalam pengembangan Yayasan Al-Ittihad Pasir Kidul Purwokerto pada empat sifat nabi yakni: shidiq (jujur), amanah (bertanggungjawab), tabligh ( komunikatif), fathonah (cerdas). Kepemimpinan profetik K.H. Achmad Sa’dulloh juga memuat tiga pilar nabi yakni : Transendensi (hubungan ilahiyah), Liberasi (nahi munkar), Humanisasi (amar ma’ruf ) dalam membentuk dan mengembangkan Yayasan Al-Ittihad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Profetik, dan K. H. Achmad Sa'dulloh Majdi
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Manajemen Personalia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Chubbi Syauqi sdri
Date Deposited: 27 Sep 2022 03:21
Last Modified: 27 Sep 2022 03:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15866

Actions (login required)

View Item View Item