DIMENSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI HAUL DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA DESA LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

SITI, SOPIYAH (2022) DIMENSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI HAUL DI PONDOK PESANTREN NURUL HUDA DESA LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX SITI SOPIYAH_1817402126.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu upaya dalam membangun peradaban manusia. Pendidikan diharapkan mampu menjembatani seseorang agar memiliki sikap dan perilaku yang baik sesuai dengan suri tauladan kita yaitu Nabi Muhammad Saw. Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist. Salah satu pendidikan atau pembelajaran yang turun temurun dari nenek moyang ialah upacara peringatan kematian yang biasa disebut dengan Haul. Haul merupakan upacara memperingati kematian ulama atau guru, dimana dengan diadakannya upacara tersebut diharapakan kita bisa mengingat kembali jasa-jasa ulama serta mengenang kembali perjuangan para ulama terdahulu. Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang biasanya mengadakan acara haul. Acara haul digelar dengan melibatkan santri, masyarakat sekitar serta tamu undangan yang akan menjadi pembicara atau penasehat. Dalam kegiatan haul ini santri belajar untuk menghormati guru walaupun guru tersebut sudah tidak lagi ada di dunia ini, bahkan ketika santri tidak diajar secara langsung mereka harus tetap menghormatinya. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan tradisi haul di pondok pesantren Nurul Huda serta apa saja dimensi pendidikan Islam yang terdapat dalam tradisi Haul di pondok pesantren Nurul Huda tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan tradisi Haul serta apa saja dimensi pendidikan Islam dalam tradisi haul di pondok pesantren Nurul Huda langgongsari kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas.Jenis penelitian lapangan ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi fenomenologi. Dalam menghasilkan data, penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakanoleh peneliti yaitu teknik analisis data model Miles dan Huberman yakni pertama menganalisis data sebelum di lapangan, kedua, analisis data selama di lapangan, ketiga analisis data setelah dilapangan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan tradisi haul di pondok pesantren Nurul Huda berjalan setiap tahun dengan rangkaian kegiatan antara lain; khotmil qur’an, pertemuan alumni pondok pesantren, ziarah kubur, dan pengajian dalam rangka haul. Sedangkan dimensi pendidikan Islam yang terdapat dalam tradisi haul di pondok pesantren Nurul Huda yaitu terdapat lima dimensi diantaranya; dimensi pendidikan rohani, dimensi pendidikan sosial, dimensi pendidikan akhlak, dimensi pendidikan akal dan dimensi pendidikan estetika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Haul, Pondok Pesantren
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.7 Islam dan Kesenian
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat > 2x6.94 Adat Istiadat setempat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Sopiyah sdri
Date Deposited: 23 Sep 2022 01:22
Last Modified: 23 Sep 2022 01:22
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15796

Actions (login required)

View Item View Item