IMPLEMENTASI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL PADA PONDOK PESANTREN TERPADU AL FUSHA DESA ROWOCACING KECAMATAN KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN

Silfiani, Silfiani (2022) IMPLEMENTASI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL PADA PONDOK PESANTREN TERPADU AL FUSHA DESA ROWOCACING KECAMATAN KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Silfiani_Implementasi Kewirausahaan Sosial.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kewirausahaan sosial merupakan jalan keluar yang sesuai untuk memecahkan persoalan sosial. Kewirausahaan sosial mempunyai tujuan untuk merubah keadaan sosial ke arah yang lebih baik lagi, serta bertujuan untuk memecahkan problematika sosial untuk kepentingan kelompok atau masyarakat dampingan. Sehingga dapat diambil pengertian bahwa kewirausahaan sosial adalah jenis usaha yang berfokus pada upaya memperbaiki keadaan sosial dengan memperhatikan masalah sosial yang berlandaskan standar sosial atau prinsip-prinsip sosial. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan proses kewirausahaan sosial di Pondok Pesantren Al-Fusha. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil lokasi di Pondok Pesantren Al-Fusha , Desa Rowocacing, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan kewirausahaan di Pondok Pesantren Terpadu Al Fusha merupakan model kewirausahaan sosial. Tolak ukur kewirausahaan sosial di Al Fusha dapat dilihat melalui proses kewirausahaan sosial yang meliputi antecedents, orientasi kewirausahaan, dan outcomes. Tahapan pertama yaitu antecedents, diawali dengan merumuskan misi sosial yaitu mendidik para santri dan menebar manfaat bagi masyarakat. Misi tersebut didasari dari permasalahan sosial yang kemudian dimanfaatkan menjadi sebuah peluang usaha. Kemudian orientasi kewirausahaan, pesantren Al Fusha dalam mengembangkan usahanya menciptakan inovasi sosial dan pengambilan risiko agar usaha dapat terus berkembang untuk mencapai tujuan yang hendak dicapainya. Tahap terakhir yaitu outcomes pesantren Al Fusha mempunyai keinginan untuk menciptakan nilai sosial bagi santri dan juga masyarakat sekitar. Dalam menjalankan kegiatan kewirausahaan sosial Al Fusha tidak luput dari faktor-faktor pendukung dan faktor penghambat, faktor tersebut berasal dari eksternal dan internal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan Sosial, Pondok Pesantren, Pemberdayaan.
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Silfiani Silfiani sdri
Date Deposited: 21 Sep 2022 01:35
Last Modified: 21 Sep 2022 01:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15767

Actions (login required)

View Item View Item