PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL - QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL- QUR’AN (TPQ) ISYROQIYAH DESA KARANGGEDANG KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA.

Ach.Mualif, 062638036 (2013) PENERAPAN METODE IQRO’ DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL - QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL- QUR’AN (TPQ) ISYROQIYAH DESA KARANGGEDANG KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
Ach. Mualif_PENERAPAN METODE IQRO' DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)

Abstract

Metode iqro’ adalah suatu metode membaca Al-Qur’an yang menekankan langsung pada latihan membaca. Adapun buku panduan iqro’ terdiri dari 6 jilid di mulai dari tingkat yang sederhana, tahap demi tahap sampai pada tingkatan yang sempurna.Metode iqro’ ini dalam prakteknya tidak membutuhkan alat yang bermacam-macam, karena ditekankan pada bacaannya (membaca huruf Al-Qur’an dengan fasih). Bacaan langsung tanpa dieja. Artinya diperkenalkan nama-nama huruf hijaiyah dengan cara belajar siswa aktif (CBSA) dan lebih bersifat individual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Iqro’ dalam pembelajaran membaca AL- Quran di TPQ Isyroqiyah Desa Karanggedang Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga” Untuk menjawab rumusan masalah tersebut penulis melakukan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan mengambil subjek penelitian Kepala TPQ, ustadz/usatdzah dan santri TPQ Isyroqiyah Desa Karanggedang, Kecamatan Bukateja. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan observasi langsung, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang terkumpul, peneliti menggunakan flow analysis model dengan tiga komponen pokok, yaitu redukasi data ( data reduction ) untuk menggolongkan dan menajamkan analisis data yang diperlukan dalam penelitian ini. Penyajian data yang sudah direduksi ( data display ), dan penarikan kesimpulan ( conclusion drawing ). Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, diperoleh hasil sebagai berikut : Metode iqro’ telah diterapkan dengan baik, ustadz/ustadzah telah melakukannya langkah sesuai dengan petunjuk Iqro’. Kata Kunci : Penerapan Metode Iqro’ dalam Pembelajaran Membaca Al Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 18 Nov 2016 09:18
Last Modified: 18 Nov 2016 09:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1575

Actions (login required)

View Item View Item