PENERAPAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER PADA MATA PAI DI SDN 1 CIKAWUNG KEC.PEKUNCEN KAB.BMS

Gustin Indah Nurmafatih, 102338041 (2015) PENERAPAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER PADA MATA PAI DI SDN 1 CIKAWUNG KEC.PEKUNCEN KAB.BMS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
GUSTIN INDAH NURMAFATIH_PENERAPAN PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER PADA MATA PAI DI SDN 1 CIKAWUNG KEC.PEKUNCEN KAB.BMS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114MB) | Preview

Abstract

Pembentukkan karakter diyakini perlu dan penting untuk siswa sekolah dasar untuk dilakukan oleh sekolah dan steksholdersnya untuk menjadi pijakan dalam menyelenggarakan pendidikan karakter di sekolah. Tujuan pembentukkan karakter pada dasarnya adalah mendorong lahirnya anak yang baik dan mempunyai karakter yang melekat pada diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan pendidikan berbasis karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 1 Cikawung Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Sesuai dengan penelitian tersebut maka jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian deskriptif yang artinya penulis berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadai pada saat sekarang. Adapun pendekataan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subyeknya adalah siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pengambilan keputusan atau verifikasi. Dari hasil analisis tersebut disimpulkan bahwa: Penerapan pendidikan berkarakter dalam pembelajaran PAI di SD Negeri 01 Cikawung dapat dikategorikan berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini dapat dilihat dari silabus, RPP dan proses pembelajarannya, pelajaran PAI di SD Negeri 01 Cikawung sudah memasukkan nilai-nilai karakter mulai dari kegiatan eksplorasi, elaborasi, sampai dengan konfirmasi. Dari kegiatan eksplorasi contohnya guru berusaha melibatkan siswa mencari informasi yang lusa dan dalam tentang materi yang dipelajari dari aneka sumber. Dari kegiatan elaborasi contohnya guru dalam mengajar juga berusaha untuk memberi kesempatan berfikir dan mengemukakan pendapatnya. Sedang dalam kegiatan konfirmasi guru dapat memberikan umpan balik positif dan penguatan serta memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar. Dalam evaluasi pembelajaran PAI berbasis karakter, Guru mata pelajaran PAI SD Negeri 01 Cikawung menggunakan instrumen skala sikap, pengamatan, kerjasama dengan orang tua, dan kunjungan rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Berbasis Karakter, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:23
Last Modified: 16 Nov 2016 07:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1574

Actions (login required)

View Item View Item