METODE PEMBELAJARAN SENTRA PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI KARANG JATI SAMPANG CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013

TRI YULIAWATI, NIM. 082331156 (2013) METODE PEMBELAJARAN SENTRA PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI KARANG JATI SAMPANG CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
TRI YULIAWATI_METODE PEMBELAJARAN SENTRA PENGEMBANGAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI KARANG JATI SAMPANG CILACAP TAHUN PELAJARAN 2012-2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (819kB) | Preview

Abstract

Sikap dasar yang harus dimiliki seorang anak untuk menjadi seorang manusia yang baik adalah memiliki nilai agama dan moral yang baik., nilai agama dan moral harus sudah diterapkan sejak dalam kandungan, namun dalam penelitian ini nilai agama dan moral yang harus diterapkan adalah sejak usia taman kanak-kanak. Peran guru taman kanak-kanak sangatlah besar dalam meletakan dasar moral bagi anak didiknya, hal ini karena anak lebih cenderung menuruti perintah guru dibandingkan perintah orang tuanya. Dengan demikian mendidik taman kanak-kanak dengan pendidikan nilai agama dan moral bukan pekerjaan yang mudah. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah guru harus mempunyai kemampuan dalam menggunakan metode pembelajaran yang tepat atau sesuai dengan perkebangan kognitif anak agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan mendeskripsikan tentang metode pembelajaran bidang pengembangan nilai-nilai agama dan moral di TK Pertiwi Karangjati Sampang Cilacap. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, lokasi penelitian dilakukan di TK Pertiwi Karangjati Sampang Cilacap, subjek penelitian guru TK Pertiwi Supriyati S.Pd.AUD dan kepala TK Siti Nurdiyati S.Pd.AUD, objek penelitian metode pembelajaran bidang pengembangan nilai-nilai agama dan moral di TK Pertwi Karangjati Sampang Cilacap. Metode yang digunakan untuk pengumpulan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis data kualitatif. VHasil dari penelitian yang penulis lakukan, metode yang digunakan dalam pembelajaran bidang pengembangan nilai-nilai agama dan moral adalah metode ceramah (bercakap-cakap), metode demonstrasi, metode pembiasaan, metode cerita, metode bermain, metode karyawisata, metode pemberian tugas dan metode tanya jawab. Pelaksanaan metode pembelajaran bidang pengembangan nilai-nilai agama daan moral di TK Pertiwi Karangjati Sampang Cilacap disesuaikan dengan karakterisitik dan tingkat perkembangan anak serta materi dan tujuan yang akan dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Nilai Agama dan Moral
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 16 Nov 2016 03:21
Last Modified: 16 Nov 2016 03:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1573

Actions (login required)

View Item View Item