STRATEGI PEMBELAJARAN FIKIH DAN USHUL FIQIH DI PONDOK PESANTREN AL-MUBAAROK MANGGISAN DESA MUDAL KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO

Kholiyah, Kholiyah (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN FIKIH DAN USHUL FIQIH DI PONDOK PESANTREN AL-MUBAAROK MANGGISAN DESA MUDAL KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KHOLIYAH_STRATEGI PEMBELAJARAN FIKIH DAN USHUL FIQIH DI PONDOK PESANTREN AL-MUBAAROK MANGGISAN DESA MUDAL KECAMATAN MOJOTENGAH KABUPATEN WONOSOBO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi Pembelajaran merupakan sekumpulan cara-cara yang digunakan untuk membantu proses penyampaian suatu materi pembelajaran yang terdiri atas pencocokan, penggabungan dan kolaborasi yang direncanakan oleh seorang guru dalam memanfaatkan bahan, media, sumber, dan taktik khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan dari kegiatan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tahu Strategi Pembelajaran yang digunakan oleh guru Fikih dan guru Ushul Fiqih terkhusus di dalam Lembaga Pendidikan Diniyah Formal (PDF) yang ada di Pondok Pesantren Al-Mubaarok Manggisan Desa Mudal Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitik. Penelitian ini berlokasi di Jl. Syeh Qodbuddin, Dusun Manggisan Lama Rt. 03/ Rw. 08, Desa Mudal, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Objek dari penelitian ini yaitu berupa Strategi Pembelajaran Fikih dan Ushul Fiqih, adapun untuk subjeknya yaitu guru mata pelajaran fikih kelas XI, guru mata pelajaran ushul fikih kelas XII, santri PDF Ulya kelas XI dan XII, kepala sekolah/ ketua pengurus Pondok Pesantren Al-Mubaarok Manggisan. Kemudian, untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Pembelajaran yang digunakan dalam mata pelajaran Fikih mencangkup tiga Strategi utama, yakni meliputi unsur pengajaran dari Strategi Bandongan, Sorogan, dan Dikusi (pada bagian Strategi Pembelajaran Kooperatif). Sedangkan untuk pembelajaran Ushul Fiqih hanya meliputi dua Strategi yaitu hanya mencangkup unsur dari Strategi Bandongan dan bagian diskusi dari Strategi Pembelajaran Kooperatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Fikih dan Ushul Fikih, PDF Al-Mubaarok Manggisan.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.02 Ushul Fiqih
2x0 Islam (Umum) > 2x0.1 Islam dan Filsafat
2x0 Islam (Umum) > 2x0.5 Islam dan Ilmu Murni
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Kholiyah Kholiyah
Date Deposited: 13 Sep 2022 06:27
Last Modified: 13 Sep 2022 06:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15708

Actions (login required)

View Item View Item