Pandangan Tokoh Nahdlatul ulama kabupaten banyumas terhadap Praktik Contract for Differencess pada OctaFX

Nafira, Lia azahra (2022) Pandangan Tokoh Nahdlatul ulama kabupaten banyumas terhadap Praktik Contract for Differencess pada OctaFX. Skripsi thesis, UIN PROF KH. Saifuddin Zuhri purwokerto.

[img]
Preview
Text (Pandangan Tokoh Nahdlatul Ulama Kabupaten Banyumas terhadap Praktik Contract for Differencess pada OctaFX)
SKRIPSI NAFIRA LIA AZA 1817301030.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pandangan Ormas Nahdlatul Ulama terkait penetapan suatu hukum mempunyai dampak secara signifikan kepada masyarakat. Praktik CFD merupakan kontrak kesepakatan untuk membayar selisih harga pada saat pembukaan dan penutupan transaksi jual beli yang dilakukan antara penjual dengan pembeli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Pandangan Tokoh Nahdlatul Ulama Kabupaten Banyumas terkait mekanisme Contract for Differences (CFD) dalam aplikasi OctaFX. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan (field research). Sumber data primer yaitu dari wawancara langsung dengan Tokoh Nahdlatul Ulama Kabupaten Banyumas yaitu Syufi’ah, Tanfidziyah, Lembaga Bahtsul Masail dan Gerakan Pemuda Ansor Sedangkan sumber data sekunder yaitu dari buku, dokumen, dan jurnal. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis normatif empiris. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Tokoh Nahdlatul Ulama Kabupaten Banyumas memberikan pernyataan terkait CFD ini tidak bisa dikategorikan ke dalam akad apapun karena salah satu syarat muamalah sudah rusak. Kedua belah pihak memang saling rela dengan ketidakjelasan suatu objek akad, tetapi secara hukum Islam tidak diperbolehkan. Adanya leverage pada awal akad mengakibatkan objek yang diperjualbelikan belum sepenuhnya menjadi milik trader. Jika transaksi yang akad tidak bisa diindentifikasi maka hukumnya haram. Metode istinbath hukum yang digunakan yaitu metode manhaji. Kata Kunci: Tokoh Nahdlatul Ulama, Pandangan Nahdlatul Ulama, Contract for Differences (CFD), OctaFX.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pandangan Tokoh Nahdlatul ulama kabupaten Banyumas terhadap Praktik Contract for Differencess pada OctaFX
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nafira Lia Azahra Zanuba Abi sdri
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:02
Last Modified: 13 Sep 2022 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15653

Actions (login required)

View Item View Item