PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAPEL IPA KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH MUJUR LOR KEC.KROYA KAB.CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014-2015

TETI NURJANAH, 1123305077 (2015) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAPEL IPA KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH MUJUR LOR KEC.KROYA KAB.CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014-2015. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
TETI NURJANAH_PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MAPEL IPA KELAS II DI MI MUHAMMADIYAH MUJUR LOR KEC.KROYA KAB.CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014-2015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (922kB) | Preview

Abstract

Penggunaan Media Pembelajaran merupakanhalpentingyangperludiperhatikan, disiapkan, dandilaksanakanoleh guru ketika proses pembelajaranIlmuPengetahuan Alam (IPA) dilaksanakan. Karena penggunaan media pembelajaran mempunyaipengaruhterhadaphasildaripembelajaranitusendiri, apabila media pembelajaran yang digunakandisesuaikan dengan kebutuhan, makahasil yang dicapaiakanmaksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan macam-macam media yang digunakan dalam pembelajaran IPA, dan penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran IPA serta langkah-langkah yang digunakan dalam penggunaan media pembelajaran IPA kelas II di MI Muhammadiyah Mujur Lor Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Mujur Lor. Subjek penelitian adalah guru pengampu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelasII sekaligus guru kelas II. Sedangkan, objek penelitian adalah Penggunaan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan: Macam-macam Media Pembelajaran yang digunakan Guru dalam pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Mujur Lor seperti, media papan tulis, media berbasis cetak: LKS dan buku paket, media foto atau gambar, media taktil atau model (benda konkret), dan media LCD Proyektor, kriteria pemilihan media yaitu: menyesuaikan media dengan materi, mudah dipahami siswa, disesuaikan dengan alokasi waktu, mampu membantu guru dalam mencapai tujuan pembelajaran, serta lengkah-langkah dalam pebnggunaan media pembelajaran meliputi tiga langkah yaitu: persiapan, pelaksanaan/penyajian dan tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MediaPembelajaran, Mata PelajaranIlmuPengetahuanAlam (IPA)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Nov 2016 01:44
Last Modified: 16 Nov 2016 01:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1565

Actions (login required)

View Item View Item