MANAJEMEN STRATEGI PENGRAJIN ALAT MUSIK DALAM MEMPERTAHANKAN KEBERLANGSUNGAN USAHANYA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pengrajin Alat Musik Kaliwadas, Bumiayu, Brebes)

Via, Irhas (2022) MANAJEMEN STRATEGI PENGRAJIN ALAT MUSIK DALAM MEMPERTAHANKAN KEBERLANGSUNGAN USAHANYA DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Pengrajin Alat Musik Kaliwadas, Bumiayu, Brebes). Skripsi thesis, UIN Prof KH Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Via Irhas-BAB I-V.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Desa Kaliwadas merupakan bagian dari kecamatan Bumiayu, Brebes, Jawa Tengah. Hampir 50% dari masyarakat menggantungkan hidupnya dengan menjadi pengrajin alat musik. Sejak virus Covid-19 masuk ke Indonesia membuat beberapa sektor perekonomian menjadi lesu, termasuk pengusaha kerajinan. Sejak pemerintah memberlakukan beberapa kebijakan untuk menekan laju Covid-19 membuat para pengrajin mengalami penurunan penjualan, persentase omzet yang menurun, hingga menutup usahanya sementara. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis manajemen strategi pengrajin alat musik dalam mempertahankan keberlangsungan usahanya di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik penulusuran data online. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penyimpulan data. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 berdampak bagi pelaku usaha kerajinan alat musik di Desa Kaliwadas. Adapun Manajemen strategi yang telah dilakukan pengrajin diantaranya 1) Strategi Korporasi, dengan melakukan pengembangan produk, mengambil alih fungsi pemasok atau supplier, lebih fokus terhadap usaha, strategi putar haluan, serta strategi pengistirahatan. 2) Strategi Bisnis, dengan mencari bahan baku yang harganya lebih murah tapi tetap berkualitas, diferensiasi produk, dan memperkecil segmen pasar. 3) Strategi fungsional, dengan melakukan pencatatan transaksi keuangan secara teratur, promosi melalui media sosial, memasarkan produk melalui marketplace shopee serta memperkejakan karyawan yang berkompeten dibidangnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen strategi, Keberlangsungan usaha, dan Covid-19
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.7 Kesenian dan Kebudayaan > 2x6.78 Seni Musik, Seni Suara, Seni Tari
300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Via Irhas
Date Deposited: 29 Aug 2022 02:47
Last Modified: 29 Aug 2022 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15629

Actions (login required)

View Item View Item