PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROFESI GURU (STUDI KASUS MAHASISWA PAI ANGKATAN 2020 UIN SAIZU)

Febri, Iryanto (2022) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROFESI GURU (STUDI KASUS MAHASISWA PAI ANGKATAN 2020 UIN SAIZU). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FEBRI IRYANTO_PERSEPSI MAHASISWA PAI TERHADAP PROFESI GURU (STUDI KASUS MAHASISWA PAI ANGKATAN 2020 UIN SAIZU).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menjadi seorang guru seharusnya mampu untuk menguasai materi, memiliki pengetahuan yang luas, mampu mengembangkan keterampilan mengajar dan sebagainya. Hal ini mampu menimbulkan persepsi mahasiswa PAI menjadi guru dan mempengaruhi minat mahasiswa menjadi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan minat mahasiswa menjadi guru dan persepsi mahasiswa terhadap profesi guru. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan dengan jenis pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara, analisis data, dokumentasi, serta menarik kesimpulan dengan memilih hal mana yang dianggap penting untuk dipelajari. Faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa adalah faktor internal dimana faktor yang mempengaruhi minat dari dalam diri individu yang berasal dari kecenderungan seseorang terhadap sesuatu hal yang diinginkannya. Sedangkan persepsi yang terjadi pada mahasiswa tergolong persepsi yang posistif dimana sebuah pengetahuan diteruskan dengan upaya pemanfaatan. Selanjutnya persepsi mahasiswa terhadap profesi guru dilihat dari standar kompetensi yang harus dimiliki guru yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Pertama kompetensi Pedagogik, menjadi seorang guru hendaknya mampu memahami karakteristik peserta didik, mampu merancang kegiatan pembelajaran yang bervariasi, dll. Kedua kompetensi kepribadian, menjadi seorang guru hendaknya berakhlak mulia, taqwa, jujur, arif dan sabar, dll. Ketiga kompetensi sosial, menjadi seorang guru hendaknya mampu berkomunikasi dengan baik. Keempat kompetensi profesional, menjadi seorang guru hendaknya mampu memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam dari bidang studi yang nantinya akan diajarkan. Kata Kunci: Persepsi, Profesi guru, Pendidikan Agama Islam �

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Profesi guru, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Febri Iryanto sdr
Date Deposited: 20 Aug 2022 01:26
Last Modified: 20 Aug 2022 01:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15604

Actions (login required)

View Item View Item