STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA RELIGI (STUDI PADA MAKOM WALI SYAIKH MACHDUM CAHYANA DESA GRANTUNG KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA.

Siti, Afifah (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA RELIGI (STUDI PADA MAKOM WALI SYAIKH MACHDUM CAHYANA DESA GRANTUNG KECAMATAN KARANGMONCOL KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siti Afifah_Strategi Pengembangan Objek Wisata Studi Pada Makom Wali Syaikh Machdum Cahyana Desa Grantung Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Makom Wali Syaikh Machdum Cahyana adalah salah satu Cagar Budaya yang terdapat di Desa Grantung Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Dari berbagai peninggalan seperti pendopo, mushola, dan lumbung padi yang semuanya tepat berada disekeliling makom. Itu merupakan peninggalan sekaligus menjadi fasilitas bagi para wisatawan yang berkunjung ke Makom Wali Syaikh Machdum Cahyana. Makom ini menjadi bangunan yang mulia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Karena sejarah dan perjuangan beliau yang sangat besar dalam menyebarkan agama Islam di Purbalingga, khususnya menyebarkan Islam di Desa Grantung. Penelitian ini bermaksud mengetahui bagaimana strategi pengembangan yang dilakukan oleh peneliti di objek wisata religi Makom Wali Syaikh Machdum Cahyana. Tujuan dari penelitian ini digunakan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan yang dilakukan di objek wisata religi Makom Wali Syaikh Machdum Cahyana yang ada di Desa Grantung. Subyek dalam penelitian ini ada tiga, yaitu satu Juru Kunci Makom, kedua Kepala Desa Grantung dan yang ketiga yang menjabat sebagai Satgas Adat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data-data penelitian diperoleh menggunakan observasi secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Dengan demikian dapat disimpulkan, menurut teori strategi yang dikemukakan oleh Hunger dan Wheelen dalam Strategi Pengembangan Objek Wisata Religi Makom Wali Syaikh Machdum Cahyana bahwa pengembangan yang dilakukan dimakom masih sangat kecil, dan semuanya masih sederhana dan tradisional dalam pengelolaan menurut persepektif manajemen pariwisata. Dari berbagai strategi yang belum dilakukan, walaupun sudah dilakukan tetapi masih belum maksimal, pembangunan, publikasi, belum adanya penopang ataupun faktor lain yang dilakukan sebagai penambah keuangan, akses jalan yang masih belum maksimal, fasilitas yang belum memadahi, kelembagaan yang pengurusnya masih kurang kompeten dan belum adanya regenerasi kepengurusan, serta sumber daya manusia yang masih sangat minim, semua itu menjadi penghambat bagi pengembangan. Maka dengan berbagai faktor pendukung yang ada, jadikan penguat bagi pengelola untuk lebih bisa mengembangakan Makom. Kata Kunci: Strategi, Pengembangan, Objek Wisata Religi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x9 Sejarah Islam dan Biografi > 2x9.6 Perkembangan Islam di berbagai negeri setelah 1800
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Siti Afifah sdr
Date Deposited: 19 Aug 2022 02:35
Last Modified: 19 Aug 2022 02:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15594

Actions (login required)

View Item View Item